Pemkab Tabalong Siap Bantu 30 Persen Benih Jika Gagal

:


Oleh MC Kab.Tabalong, Kamis, 25 Agustus 2016 | 13:46 WIB - Redaktur: Kusnadi - 513


Tabalong, InfoPublik - Bertempat di Desa Paliat, Kecamatan Kelua, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani bersama rombongan menghadiri gerakan panen perdana dua kali tanam padi varietas inpari dan ciherang, Senin (22/8) lalu.

Bupati Anang mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan kelompok tani Desa Paliat, Kecamatan Kelua yang sudah membuka wawasan dengan bantuan para penyuluh  pertanian wilayah selatan.

”Sehingga bisa mensukseskan gerakan panen  dua kali tanam yang tersebar dilahan warga seluas 20 hektar,” imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong berjanji akan terus memberikan bantuan, baik itu bantuan penyuluhan, peralatan, bahkan bantuan benih  jika panen tersebut gagal.

“Kalau gagal akibat bencana alam seperti kebanjiran, kekeringan Pemkab Tabalong siap bantu minimal 30%  benih.Tapi alhamdulillah dua tahun ini tidak benyak yang mengalami kegagalan tanam di Tabalong,” jelasnya.

Selain Bupati Tabalong juga turut hadir Komandan Kodim 1008/Tanjung Letkol Arm Krisna Anang. Dia mengatakan, sangat menyambut baik dengan adanya gerakan dua kali tanam ini. Sehingga dengan kurun waktu yang tidak terlalu lama ini Indonesia dapat mengembalikan harakat dan martabat bangsa sebagai negara pengasil terbesar beras di Asean dengan swasembada pangan nasional.

“Kami siap mendukung program dari Bupati dan Wakil Bupati dalam mewujudkan Kabupaten Tabalong yang mandiri melalui peningkatan kemampuan pemerintah dan masyarakat serta dunia usaha untuk melaksanakan pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Di sela acara juga dilakukan penyerahan  secara simbolis asuransi pertanian kepada sejumlah ketua kelompok tani. Salah satunya untuk penanganan bencana gagal panen. Sehingga para petani tidak mengalami kerugian, karena wilayah selatan merupakan wilayah rendah dan rawan banjir. (MC Tabalong/Irwin/Kus)