Kabupaten Merauke Masuk Nominasi Kota Sehat

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Kamis, 25 Agustus 2016 | 12:08 WIB - Redaktur: Kusnadi - 376


Merauke, InfoPublik - Kabupaten Merauke masuk salah satu nominasi kota sehat di Provinsi Papua. Selain Merauke, ada dua kabupaten/kota lain yang juga masuk nominasi yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Biak. Penyelenggaraan kabupaten/kota sehat dilaksanakan oleh Direktorat Penyehatan Lingkungan Ditjen PP dan PL Kementerian Kesehatan RI.

Sekda Kabupaten Merauke, Drs. Daniel Pauta, mengatakan persiapan menjelang penilaian untuk Kabupaten Merauke salah satunya adalah membentuk forum. Kemudian, menyiapkan segala sesuatunya seperti air yang bersih, udara yang bersih, tempat bermain anak dan penataan pedagang kaki lima.

“Termasuk juga lingkungan yang sehat, pengelolaan sampah, sampai kepada tempat-tempat yang diperkenankan untuk mengisap rokok,” ungkap Sekda kepada wartawan usai memimpin pertemuan di Kantor Bappeda Kabupaten Merauke, Selasa (23/8).

Menurut Sekda, memang jika dilihat secara kasat mata masyarakat belum terlalu peduli dengan kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya. Kendati demikian, itu hanya sebagian kecil dari hal yang akan dinilai. “Kurang lebih yang dinilai itu ada 24 item,” terang Sekda.

Karena itu, Sekda mengajak kepada semua pihak baik jajaran pemerintah maupun masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Karena kebersihan lingkungan memberikan kontribusi besar bagi kesehatan.

“Kita mau supaya masyarakat kita sadar untuk membersihkan lingkungannya,”tukas Sekda. (Symd/McMrk/Abd/Kus)