Smart City Nusantara Jadi Pilar Bone Bolango Cemerlang

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 25 Agustus 2016 | 10:49 WIB - Redaktur: Kusnadi - 854


Bone Bolango, InfoPublik - Bupati Bone Bolango Hamim Pou menghadiri undangan pihak Telkom Indonesia untuk mengunjungi Living Laboratory Smart City Nusantara di Jakarta, Rabu (24/8). 

Selain Bupati Bone Bolango Hamim Pou, turut hadir Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, dan utusan Provinsi Gorontalo yakni Kadis Kominfo Provinsi Gorontalo. 

Rombongan Bupati ini disambut langsung oleh para petinggi Telkom. Pihak Telkom memaparkan betapa pentingnya pengaplikasian Smart City Nusantara di daerah-daerah untuk mempermudah pelayanan dan pengawasan pemerintahan. 

Smart City hadir memberikan solusi bagi berbagai masalah yang hadir di daerah. Smart City Nusantara yang dibuat oleh Telkom Indonesia ditujukan kepada Pemerintah Daerah, dimana Pemerintah Daerah dapat mengembangkan serta mengimplementasikan konsep smart city secara baik dan benar namun tidak meninggalkan ciri khas daerah atau kearifan lokal dan budaya setempat. 

Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga ditunjuk sebagai pihak pembicara dari Provinsi Gorontalo mengapresiasi dengan adanya program Smart City Nusantara.

Terkait efektivitas penggunaan internet, Bupati Syarif menjelaskan bahwa sebagian besar jalur kabel optik ada di jalur trans sedangkan daerah padat penduduk tidak berada di jalan trans.

"Namun demikian, uluran tangan Telkom kami sambut baik dan siap bekerja sama dengan provinsi dan kabupaten/kota di Gorontalo, tidak ada pilihan. Smart City Nusantara Telkom Indonesia harus hadir di daerah kami," ujar Syarif. 

Sedangkan Satgas Smart City Nusantara Nouval, mengatakan bahwa masing-masing daerah punya keunikan Smart City. Tidak harus semua program atau aplikasi diterapkan di Gorontalo. Sesuai kebutuhan masing-masing.

"Tidak bisa Smart City Jakarta dibawa ke Gorontalo. Visi-Misi daerah menjadi titik tolak Smart City yg diberlakukan ke daerah itu,” katanya.

Sementara itu, dengan adanya paket program Smart City Nusantara, Bupati Bone Bolango Hamim Pou semakin optimis untuk mewujudkan Bone Bolango menjadi Kota Pintar. Sesuai dengan tagline Bone Bolango Cemerlang diharapkan program Smart City ini bisa membawa pencerahan (renaissance) bagi daerah.

"Kalau bisa ada E-Evaluation, kepala daerah bisa mengevaluasi tugas dan perangkat kerja SKPD, untuk penilaian optimalisasi kerja SKPD,” usul Bupati.

Bahkan Hamim menyarankan pihak Telkom Indonesia untuk melakukan penawaran beserta penganggarannya atas program-program Smart City dalam bentuk paket program agar jelas, sehingga tidak disoroti oleh perangkat hukum.

Smart City Nusantara sebagai solusi dari Telkom Indonesia hadir untuk menciptakan kota yang cerdas. Selain itu manfaat yang bisa dirasakan dari Smart City Nusantara ini diantaranya, meningkatkan kepercayaan publik, mempercepat respon terhadap aspirasi masyarakat, mengakomodasi potensi dan kearifan lokal, dan mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntable, dan profesional. 

Dalam Smart City Nusantara ada tiga komponen penting yakni, Smart Connectivity, Smart Solution, dan Smart User.

Smart Connectivity adalah infrastruktur dasar smart city yang menghubungkan pemerintah pusat dengan unit-unit di bawahnya seperti SKPD, kecamatan, kelurahan/desa, puskesmas, dan instansi terkait lainnya.

Kemudian pada Smart Solution terdapat tujuh item didalamnya yakni Smart Government, Smart Environment, Smart Healt Care, Smart Transportation, Smart Education, Smart Security, dan Smart Citizen. 

Selanjutnya pada, Smart User adalah sebuah layanan yang diberikan Pemerintah Daerah kepada warga masyarakat baik yang bersifat personal, publik, maupun institusi/komunitas. (Hms/Sofyan/Kadir/Kus)