Indonesia dan Srilanka Perkuat Kerjasama Pemilu

:


Oleh Eko Budiono, Kamis, 25 Agustus 2016 | 16:22 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 451


Jakarta, InfoPublik - Komisi Pemilihan Umum RI dan KPU Sri Lanka (Sri Lanka Election Commission) sepakat untuk bekerjasama dalam bidang manajemen pemilihan umum.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan oleh Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro dan Ketua KPU Sri Lanka, Mahinda Deshapriya.

“Sebenarnya ini adalah kelanjutan dari kerjasama yang baik dalam sejarah kita, karena Indonesia dan Sri Lanka punya sejarah politik yang panjang. Sama-sama negara yang pernah bekerjasama untuk kemerdekaan. Dan hari ini kita bekerjasama dalam bentuk lain, yakni kerja sama dalam pengembanga demokrasi di kedua negara,” kata  Juri di Discovery Kartika Hotel  Bali di sela-sela acara The 3rd Asian Electoral Stakeholders Forum (ASEF), Rabu (24/8).

Juri berharap kerja sama tersebut diimplementasikan dalam kegiatan yang nyata dan bermanfaat di kawasan Asia Tenggara. “Mudah-mudahan kerja sama ini ditindaklanjuti dalam bentuk aktivitas, atau program-program yang lebih nyata. Nanti bisa kita diskusikan dan bahas lebih lanjut setelah penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) ini,” tambahnya.

Sementara Mahinda Deshapriya mengatakan, Sri Lanka berharap bisa mempelajari pengalaman KPU RI dalam penyelenggaraan pemilu. Ia ingin kerja sama ini bisa saling menguatkan proses demokrasi di masing-masing negara.

“Kami harap kita bisa saling menguatkan. Kami juga berharap bisa belajar pengalaman penyelenggaraan pemilihan dari komisioner-komisioner muda ini (KPU RI),” katanya.