Pemkab Sleman Terus Lakukan Pelestarian Lingkungan

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Kamis, 25 Agustus 2016 | 09:38 WIB - Redaktur: Kusnadi - 234


Sleman, InfoPublik - Pelestarian lingkungan terus diupayakan antara pemerintah dan swasta. Dengan menggandeng pihak swasta dapat menjadi pelopor yang menginspirasi stakeholder lain untuk bersama-sama memikul tanggung jawab sosial lingkungan berdampingan dengan pemerintah dan masyarakat dalam membangun lingkungan yang nyaman dan bersahabat.

Wakil Bupati Sleman, Dra Hj Sri Muslimatun MKes mengungkapkan hal tersebut di sela-sela kegiatan penghijauan di taman wisata Candi Prambanan Sleman, Rabu (24/8).

Menurut Sri Muslimatun,  penyelenggaraan penghijauan dengan pihak swasta  antara Kabupaten Sleman dengan Djarum Foundation dalam upaya membangun masyarakat Sleman menuju masyarakat yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

"Kami berharap kerjasama ini dapat kita tingkatkan dan kembangkan dimasa-masa mendatang. Karena sebagai kawasan hulu di DIY, Sleman juga memikul tanggung jawab sebagai kawasan konservasi air utama," kata Sri Muslimatun.

Dengan tanggung jawab tersebut, maka upaya penghijauan adalah syarat mutlak yang harus dilakukan berkelanjutan.  Keterlibatan semua pihak dalam upaya penghijauan ini dapat mewujudkan lingkungan yang kondusif.

Program penanaman pohon sepanjang Joglosemar ini dituntut untuk segera dimulai sejak saat ini mengingat trembesi  ‘si penyerap karbondioksida’ ini  membutuhkan waktu minimal 2 tahun untuk dapat hidup mandiri dari alam.

Merawat sama pentingnya dengan menanam, upaya penghijauan ini tidak akan berhasil tanpa campur tangan dari pihak lain. Sri Muslimatun juga berharap Candi-candi di wilayah Sleman yang lain juga disentuh dengan program penghijauan semacam ini. Penghijauan untuk kawasan taman wisata Candi Prambanan sejumlah 300 batang dengan melibatkan anak-anak muda pecinta alam. 

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan tanaman dan alat berupa cangkul kepada para Camat se Kabupten Sleman untuk melakukan penghijauan di wilayahnya masing-masing.(***/Mc Sleman/Kus)