Mendagri Imbau Daerah Perhatikan Tiga Hal

:


Oleh Eko Budiono, Kamis, 25 Agustus 2016 | 16:19 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 418


Jakarta, InfoPublik - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan tiga hal yang harus menjadi perhatian setiap daerah yakni pariwisata, kuliner dan kerajinan.

“Pariwisata merupakan aset yang dimiliki masing-masing daerah di Indonesia, mulai yang berskala internasional, nasional, serta lokal. Ini merupakan sumber devisa (pendapatan) ekonomi,” kata Mendagri di kantornya, Rabu (24/8).

Menurut Mendagri, selain pariwisata, kerajinan daerah  merupakan potensi yang harus diperhatikan oleh masing-masing daerah.

“Potensi  kuliner di daerah menjadi  ciri khas sehingga harus diperhatikan oleh para kepala daerah,” ungkapnya.

Mendagri menyatakan pihaknya juga akan memperkuat konektivitas antar daerah. “Kami juga sudah membangun perbatasaan,  bagaimana  nanti kalau ke Papua angkutan bisa lewat Kupang, kalau bisa ada rangkaian ini sangat bagus, belum lagi nanti kapal-kapal induknya” tambahnya.

Ia menegaskan Kemendagri juga berkomitmen meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak di wilayah perbatasan. "Memang kawasan perbatasan misalnya Nunukan, Saumlaki, kemudian Kepri (Kepulauan Riau), itu daerah utama yang harus menjadi titik berat  pengawasan,” paparnya. Ia menambahkan, sarana dan prasarana di kawasan perbatasan juga akan ditingkatkan.