Sorong, InfoPublik - Pemda Provinsi Papua Barat memberikan bantuan perangkat komunikasi berupa radio SSB ( Single Side Band) dan solar cell kepada Pemda Kabupaten Sorong  untuk memudahkan aktivitas pelayanan dengan pemerintah distrik di wilayah kerjanya.

Mengingat luas wilayah daerah ini  yang terpencar dan masih belum mendapatkan sarana telekomunikasi dan akses lainnya, menyebabkan kegiatan komunikasi antara pemerintah kabupaten dengan distrik terhambat.

Untuk mendukung akses pelayanan dan sekaligus sebagai sarana penghubung abtar wilayah pemerintah di tingkat distrik di wilayah Pemkab Sorong ini  Pemprov Papua Barat  tahun ini memberikan dukungan bantuan penyediaan fasilitas 15 unit radio SSB, 6 unit perangkat radio rig, 15 unit solar cell untuk SSB yang dapat dimanfaatkan oleh Pemda setempat dengan wilayah pemerintah dengan pemerintahan distrik.

Kepala Bagian Sandi dan Telekomunikasi Biro Umum Setda Papua Barat Frans Pieter, di Aimas, Selasa, (23/8), mengatakan,  bantuan peralatan diperuntukkan bagi Pemda Kabupaten Sorong berdasarkan pengajuan permintaan yang dijawab pada tahun 2016 ini.

Tujuannya,  untuk memudahkan jalur komunikasi bagi aparat pemerintahan distrik dengan Pemkab Sorong, khususnya bagi distrik yang belum dijangkau dengan sarana telekomunikasi cellular, jelasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Kabupaten Sorong Marthen Nebore, S.Sos, M.Si, mengatakan,  untuk telekomunikasi belum semua distrik telah dimasuki layanan telepon cellular, dan bantuan ini pastinya akan memudahkan komunikasi  antara Pemda  dengan pemerintah distrik yang ada di wilayah ini.

Dari 33 distrik di Kabupaten Sorong, baru 50 persen distrik yang telah mendapatkan akses telekomunikasi cellular, diharapkan ke depan seluruh distrik telah dijangkau dengan sarana telekomunikasi untuk memudahkan komunikasi dan kordinasi kerja, harapnya. (MC.Sorong/rim/eyv)