DWP Setda Ikuti Pelatihan Membuat Dompet

:


Oleh MC Kab Agam, Selasa, 23 Agustus 2016 | 12:16 WIB - Redaktur: Tobari - 320


Agam, InfoPubblik - Anggota Darma Wanita Persatuan (DWP) Unit Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, mengikuti pelatihan keterampilan cara membuat dompet, tas dan celemek dari bahan dasar sampah tidak terpakai, dalam upaya meningkatkan pendapatan dan ekonomi keluarga.  

Pelatihan yang disambut antusias oleh anggota DWP tersebut, diselenggarakan dalam rangka kegiatan rapat bulanan yang dilaksanakan pertama kali setelah lebaran. 

Kegiatan itu dihadiri  Ketua DWP Kabupaten Agam Eva Martias Wanto dan anggota dengan mengundang narasumber dari Ketua Bank Sampah Sayang Ibu, Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Rina Wati,  diaula utama kantor Bupati Agam, Jum’at (12/8). 

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana Rapat Bulanan Dewi Feblina Leni mengharapkan pertemuan rapat bulanan ini dapat bermanfaat bagi para anggota karena pada kegiatan ini juga dilakukan keterampilan tangan berupa praktek membuat tas, dompet dari bahan yang tidak terpakai. 

"Kita lihat walaupun barang-barang bekas akan tetapi jika diolah dengan baik, bisa menghasilkan nilai jual secara ekonomis yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga," katanya. 

Sementara itu, Ketua Bank Sampah Sayang Ibu Lubuk Basung Rina Wati menyampaikan, bank sampah ini telah berdiri selama dua tahun dalam pengolahan barang-barang sampah dan bekas. Mereka ini juga merupakan binaan dari Badan Pengelola Lingkungan Hidup Kabupaten Agam. 

"Kita juga memiliki sebanyak lima orang anggota yang melakukan pembuatan atau pengolahan barang bekas menjadi barang bernilai," katanya. 

Ia menjelaskan, untuk satu unit tas yang berbahan dasar dari bungkus plastik kopi kapucino dihargai sebesar Rp100.000, dompek seharga Rp80.000, dan plastik jinjing sembako seharga Rp30.000. "Kita juga pernah diundang pada kegiatan pameran di Provinsi Sumatera Barat," katanya. (MC Agam/toeb)