Peduli Lingkungan, FGM GKI Merauke Tanam Pohon

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Selasa, 23 Agustus 2016 | 14:43 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 340


Merauke, InfoPublik  - Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, sekaligus dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-71, Forum Gerakan Muda (FGM) Gereja Kristen Indonesia Kabupaten Merauke melakukan gerakan tanam pohon di sekitar lingkungan SMP YPK Merauke,Sabtu (20/8).

"Tidak kurang 60 pohon berhasil ditanam. Ketua FGM GKI Kabupaten Merauke Abner A. Wakum, S.HUT, mengungkapkan, kegiatan penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71. ‘’Tapi di sini, kami mau ingatkan bahwa seluruh pemuda gereja atau generasi muda mempunyai pola pikir yang baik terhadap bagaimana menjaga lingkungan hidup itu,"jelasnya.

"Jadi, program ini dibuat bagaimana membangun pola pikir dan paradigma kita yang lama itu kita tinggalkan. Kerusakan-kerusakan terhadap hutan itu harus bisa diganti dengan melakukan penanaman pohon kembali,’’ katanya.

Abner A. Wakum mengaku, dalam gerakan tanam pohon ini ada empat jenis pohon yang ditanam yakni jenis kayu jati putih, jenis kayu tanjung, kayu segion dan kayu palem. ‘’Empat jenis  kayu ini kami prioritaskan untuk tanam di sekolah karena jenis-jenis ini cukup rindang dan kalau tumbuh dengan baik akan membantu memberikan oksigen bagi anak-anak sekolah dalam proses pembelajaran di dalam kelas dan akan berjalan dengan baik,’’ tuturnya..

Dikatakan, penanaman pohon di lingkungan SMP YPK yang dilakukan oleh FGM GKI ini karena SMP YPK merupakan bagian dari pelayanan gereja tapi merupakan tangung jawab dari GKI di Tanah Papua di Kabupaten Merauke

‘’Program ini kami turunkan ke SMP YPK dengan maksud bahwa sekolah ini akan mengalami kemajuan baik di dalam pembelajaran sendiri tapi juga kemajuan dalam lingkungan. Penataan lingkungan sekolah akan lebih baik. Dengan menanam pohon baru ini, kami punya cita-cita dan doa bahwa generasi muda sekarang memiliki visi dan misi yang besar terutama adik-adik yang ada di SMP YPK Merauke bahwa mereka melihat proses ini berjalan dan ada sesuatu nilai yang terpatri dalam diri mereka bahwa menjaga lingkungan itu dengan menanam pohon untuk generasi cucu mendatang sehingga kami melakukan penanam pohon,’ujarnya.  (02/McMrk/Abd/Eyv)