Mandeh Siti Event 2016 Berakhir

:


Oleh MC Kab Agam, Selasa, 23 Agustus 2016 | 11:28 WIB - Redaktur: Tobari - 375


Agam, InfoPublik - Bupati Agam, yang diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Agam Edi Busti, menutup Mandeh Siti Event 2016 di Medan an Bapaneh, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Minggu (14/8). 

Hadir pada saat itu, Kepala BPMPN Kabupaten Agam Welfizar, Camat Lubuk Basung Hilton, Wali Nagari Manggopoh Ridwan, ninik mamak, bundo kanduang, wali jorong se Nagari Manggopoh dan lainnya. 

Pada kesempatan itu, Kepala BPLH Kabupaten Agam Edi Busti, mengatakan, perjuangan merupakan usaha untuk mendapatkan sesuatu. Namun untuk mendapatkannya itu tidak lah mudah, butuh kerja keras untuk hal tersebut. 

"Begitulah yang dilakukan para pejuang kita yang telah berjuang untuk mempertahankan negeri kita ini demi anak cucunya, begitu juga dengan rangkaian acara memperingati perang Manggopoh ke 108 ini, untuk mendapatkan kemenangan butuh usaha yang cukup keras," kata Edi. 

Untuk itu, diharapkan kegiatan ini dilakukan tiap tahun dan ditingkatkan supaya lebih kelihatan meriah lagi pada saat ini. 

Wali Nagari Manggopoh Ridwan mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk apresiasi anak nagari dalam rangka memperingati hari bersejarah bagi masyarakat Manggopoh. Kegiatan ini bukan kegiatan baru, namun kegiatan ini selalu dilakukan setiap tahunnya, berbagai macam acara selalu diagendakan. 

"Patut bangga apa yang telah dilaksanakan pemuda dan disinergikan dengan beberapa pihak. Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik," katanya. 

Ridwan mengatakan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk merenungkan bagaimana perjuangan seorang perempaun atau Mandeh Siti untuk mempertahankan negerinya dari penjajah demi anak cucunya dan berharap Mandeh Siti mendapat gelar tokoh pahlawan nasional dari pemerintah Republik Indonesia. (MC Agam/toeb)