HUT RI Ke-71 Malra Berlangsung Di Pulau Nai dan Pantai Ohoidertawun

:


Oleh MC Kabupaten Maluku Tenggara, Minggu, 21 Agustus 2016 | 16:21 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Langgur, InfoPublik - Upacara peringatan HUT RI ke-71 tidak hanya dilaksanakan di Ibukota Jakarta, tetapi juga diberbagai kota Desa  hingga ke berbagai tempat di Indonesia termasuk yang dilaksanakan Organisasi Orang Muda Katholik (OMK) Kabupaten Maluku Tenggara.

Pelaksanaan upacara dilakukan bersama  Pastor Paroki Namar, DPS  Debut, Pemerintah Ohoi Debut dan warga Pulau Nai di Pulau Nai Kecamatan Manyew termasuk warga Desa Ohoidertawun di Pantai Wisata Ohoidertawun Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu (17/8).

Upacara diwarnai teriakan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-71, sekali merdeka tetap merdeka !!!. Suara teriakan ini keluar dari segenap peserta upacara di Pulau Nai.

Saat dikonfirmasi Ketua  OMK melalui jaringan selular  Markus Kalkoy  yang kesehariannya sebagai PNS di Bappeda Maluku Tenggara mengatakan Organisasi Orang Muda Katholik (OMK) Kabupaten Maluku Tenggara melakukan berbagaian persiapan menuju pulau Nai untuk mengikuti Upacara Detik-detik  HUT Proklamasi RI Ke-71  Tanggal 17 Agustus sehingga semuanya berjalan sesuai dengan rencana kegiatan peringatan hari bersejarah bangsa ini.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sebelum pelaksanaan upacara dilaksanakan kegiatan Renungan Malam Kemerdekaan tanggal 16 Agustus 2016 dengan topik Kamu Dipanggil untuk Kemerdekaan maka layanilah satu sama lain dalam kasih yang dibawakan Pastor Moce.

Selain itu  sebelum upacara juga dilaksanakan misa kemerdekaan oleh Pastor Moce untuk mendoakan Bangsa Indonesia tetap aman dan damai serta Pembangunan Bangsa dan daerah Maluku Tenggara.

Menyinggung tentang tujuan dan pemilihan lokasi pelaksanaan kegiatan Ketua OMK Maluku Tenggara lanjut  menjelaskan  bahwa kegiatan ini untuk mewujudkan orang muda katolik yang 100% Katolik dan 100%Indonesia.

Sedangkan pemilihan lokasi di Pulau Nai (Tirex Island) selain menggambarkan wilayah Maluku Tenggara yang dipenuhi oleh ratusan pulau-pulau  kecil, juga menggambarkan Maluku Tenggara sebagai masyarakat pesisir juga untuk lebih memperkenalkan Pulau Nai sebagai pulau uang unik karena bentuknya menyerupai Tyrex, salah satu jenis dinosaurus.

Pelaksanaan Upacara dimulai tepat pk 10.00  WIT pagi hari dengan Pembina Upacara Marcelinus Wokanubun, Pemimpin Upacara Qiven Materay serta Pembaca teks Proklamasi Johanis Teniwut serta peserta Upacara dari dewan pastoral stasi debut serta melibatkan warga pulau nai yang kesehariannya sebagai petani rumput laut.

Selain Pulau Nai Warga Desa Ohoidertawun juga melaksanakan Upacara Detik-detik  Proklamasi RI Ke-71  Tanggal 17 Agustus 2016 bersama masyarakat di Pantai Wisata Ohoidertawun dengan maksud mempromosikan pantai  wisata sebagai lokasi Parawisata masa depan. (MC Malra/semuel/