Serunya Perayaan HUT RI di Batam

:


Oleh MC Kota Batam, Jumat, 19 Agustus 2016 | 13:26 WIB - Redaktur: Kusnadi - 326


Batam, InfoPublik  Tradisi perayaan HUT RI bagi warga diberbagai nusantara memliki ragam cerita. Namun, dalam keseruan itu ‘menu’ wajib tentu tidak lain adalah panjat pinang dan tarik tambang.

Hal itu juga dilakukan warga yang berada di lingkungan RW 18 Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong-Batam.  Keseruan bersama bercampur baik tua maupun muda. Beragam permainan dan perlombaan dipersiapkan panitia untuk menyemarakkan HUT RI ke 71 kali ini.

Tarik tambang sendiri dilakukan pergroup yang terdiri dari enam orang. Sistemnya, mereka akan mempertahankan batas tali yang telah ditentukan atau menarik tanda batas lawan hingga pada garis kemenanganya.

Begitu juga dengan panjat pinang. Pohon pinang yang dihaluskan dan diberi pelumas tersebut harus dipanjat oleh lima orang. Meski licin dan hitam, bagi peserta maupun warga yang turun tampak bahagia. Tawa-tawa lepas terpancar dari mereka.

“Ayo panjant. Waktunya tinggal lima menit lagi,”ujar salah seorang panitia.

Pihak panitia menyediakan beragam hadiah, bagi kelompok yang berhasil mencapai puncak. Seperti uang tunai, mie instan, panci, sapu, dan banyak lagi. Setiap kelompok hanya dibolehkan mengambil lima item berbeda. Sisa dari itu untuk kelompok berikutnya.

Perayaan tersebut dimulai sekitar pukul 13.00 Wib. Permaianan   anak, seperti makan kerupuk, main klereng, balapan karung juga tersedia.

Perayaan seperti ini juga dilakukan di fasum-fasum warga ditempat lain. Beragam cara mereka merayakan HUT RI sebagai upaya mempererat kekeluargaan ditengah masyarakat dan meningkatkan silaturrahim. (MC Batam Taslimahudin/Kus)