Walikota Pematangsiantar Apresiasi Kerja Keras Dan Jerih Payah Anggota Parkibra

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Rabu, 17 Agustus 2016 | 17:10 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Pematangsiantar, InfoPublik - Meski sempat tersendat karena persoalan teknis saat bendera akan dikibarkan, akan tetapi  akhirnya upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 71 tetap berjalan sempurna, Rabu pagi (17/8) di Lapangan Adam Malik. Walikota Pematangsiantar, Drs.Jumsadi Damanik SH,M.Hum selaku Inspektur Upacara mengapresiasi langkah petugas Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang dengan sigap untuk kembali menaikkan bendera.

“Saya mengapresiasi kinerja anggota Parkibra, yang telah berlatih mempersiapkan diri lebih sebulan. Soal ada persoalan kecil yang sempat jadi kendala, saya kira kita bisa maklumi. Karena semalam sore saat latihan terakhir dan saya ada di sana, semuanya sudah terlihat sempurna. Tadi pagi pun sebelum upacara sudah dicek kembali. Jadi, mari kita ambil hikmahnya, sehingga kedepan bisa semakin  baik lagi perayaan seperti ini,”katanya kepada puluhan wartawan, usai melepas pawai pelajar dan defile kendaraan hias keliling kota Pematangsiantar.

Kendala terjadi, saat bendera akan mulai digerek petugas. Saat lagu Indonesia Raya mulaI berkumandang, tali pengikat bendera tak bisa ditarik karena tersendat. Namun lagu kebangsaan Indonesia Raya tetap dinyanyikan hingga selesai. Setelah lagu selesai, seorang prajurit Yonif 122/TS dan Purna Paskibra berlari ke arah tiang mendera, membantu ketiga petugas penggerek membereskan pengait dari besi yang rusak. Tak lama berselang, bendera sudah bisa digerek dan lagu Indonesia Raya kembali dikumandangkan sampai bendera berada di puncak tiang setinggi 17 meter.

Usai melaksanakan tugas, seluruh anggota Paskibra tampak menagis haru, termasuk para pelatih dan anggota Purna. Melihat mereka menagis, ratusan hadirin yang berada di tribun utama maupun masyarakat yang melihat turut terharu bercampur gembira. Asisten I Leo Simanjuntak SH,M.Hum serta Kadis Pendidikan Drs.Resman Panjaitan bersama sejumlah pejabat Pemko lainnya, dengan sigap memberikan support dan semangat kepada anggota Paskibra. “Kalian telah melaksanakan tugas dengan baik, tak ada yang perlu disalahkan. Mari kita ambil hikmahnya, apalagi nanti sore kalian masih harus bertugas saat aubade, “ujar Leo Simanjuntak.

Pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD, Ealiakim Simanjuntak SE disaksikan juga oleh ribuan pasang mata, warga Pematangsiantar yang menyaksikan langsung dari luar lapangan Adam Malik. Sebelum pembacaan teks Proklamasi, didahului bunyi sirene selama 1 menit. Acara kali ini juga dirangkaikan dengan pemberian lencana kesetiaan kepada 74 PNS yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun. Juga pemberian penghargaan kepada 3 kecamatan terbaik yakni Siantar Sitalasari, Siantar marihat dan Siantar Utara oleh Pj Walikota.

Upacara yang dihadiri segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ini tampak dimeriahkan dengan penampilan drum band dari berbagai sekolah dan instansi, penampilan ragam etnis melalui defile kendaraan, serta pawai ratusan pelajar, pasukan TNI/Polri, PNS, Satpam STTC, anggota BOMS, Perbankan dan lain-lain. Juga tampak hadir para veteran, anggota DPRD Sumatera Utara Jan Toguh Damanik serta DPRD Pematangsiantar, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta unsur masyarakat lainnya. (Humas Pemko Pematangsiantar/eyv).