Merauke, InfoPublik -  Warga Merauke cukup antusias mengikuti lomba tradisional yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71 berlangsung di Lapangan Auri Merauke, Kamis (11/8). 

Tidak kurang dari 450-an warga ambil bagian dalam kegiatan lomba tersebut yakni lomba panah tradisonal, lomba belah kayu bakar dan lomba kupas kelapa. Koordinator lomba Soni Betaubun menjelaskan, lomba ini digelar dalam rangka melestarikan budaya lokal.

‘’Khusus lomba kupas kelapa dan belah kayu, rata-rata diikuti warga dari suku Mappi, Asmat, Boven Digoel dan  Marind sendiri. Kami memperkirakan sekitar 450 warga ambil bagian dalam lomba ini,’’ jelasnya.

Dikatakan, lomba ini selain untuk memeriahkan HUT RI, juga untuk mencari bibit-bibit atlit potensial untuk dibina lebih lanjut khususnya untuk panahan pada PON XX yang akan berlangsung di Tanah Papua tahun 2020. ‘’Lomba ini dimaksudkan untuk mengangkat harkat dan martabat orang Marind,’’ terangnya.

Bupati Merauke Frederikus Gebze, SE, M.Si yang membuka kegiatan ini menjelaskan akan terus menggelar kegiatan ini setiap tahunnya.

‘’Untuk ketiga lomba tradisional ini akan terus kita laksanakan supaya budaya lokal diangkat menjadi budaya nasional dan bisa menjadi pertunjukan internasional,’’ katanya.

Selain berbagai lomba tersebut, jelas Bupati, banyak hal positif bisa dilakukan, misalnya  menciptakan masyarakat untuk sadar menjadi warga negara yang baik. Lalu merangsang masyarakat untuk mengangkat dirinya melalui kegiatan-kegiatan budaya.

‘’Menyangkut  kesadaran hukum, keluarga dan masyarakat, pendidikan dan mitra ini perlu mendapat perhatian serius. Karena banyak hal yang kemudian sebagai warga negara Indonesia itu alpa atau lalai. Oleh karena itu akan ada lomba-loma kesadaran hukum tingkat kelurahan yang dilakukan untuk mengingatkan bahwa warga negara Indonesia harus siap sedia. Apalagi Indonesia kerjanya nyata, Merauke kerja keras dan Papua kerja sama dan dunia mendapatkan kenikmatasan dari apa yang kita dapatkan secara bersama,’’ terangnya.

Karena itu, sebagai Bupati tambah Frederikus Gebze, dirinya mengapresiasi seluruh panitia yang telah mempersiapkan berbagai kegiatan tersebut yang bukan saja pada momentum Kemerdekaan RI, namun juga pada kegiatan-kegiatan nasional lainnya. (02/mc/mrk/Abd/Eyv)