Menteri Pertanian Realisasikan Janji

:


Oleh DISHUBBUDPARKOMINFO KAB.PENAJAM PASER UTARA, Selasa, 16 Agustus 2016 | 08:34 WIB - Redaktur: Kusnadi - 520


Penajam, InfoPublik – Wakil Bupati (Wabup) Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ bersama Dandim 0913/Penajam Letkol Czi Adi Suryanto meninjau bantuan alat penanam padi yang diberikan Kementerian Pertanian, Kamis (11/8). Bantuan tersebut merupakan tindak lanjut janji Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat berkunjung ke PPU, Senin (2/8), untuk mendukung terwujudnya program swasembada pangan 2016.

Mustaqim sangat mengapresiasi hal itu. Karena belum dua minggu, dukungan untuk mewujudkan swasembada beras di Kaltim sudah terealisasi.  Yakni, hadirnya 2 mini ekskavator, 10 mesin tranplanter padi, 100 handtraktor dua roda, 10 traktor mini 4 roda, dan 4 pompa air dengan kapasitas 200 liter per detik untuk mengairi persawahan di Kecamatan Babulu.

Mustaqim berharap, keberadaan peralatan tersebut dapat meningkatkan produksi hasil pertanian yang selama ini masih mengandalkan air hujan dengan sekali musim tanam. “ Dengan kemampuan yang ada, lahan bisa dimaksimalkan dan tidak memberatkan petani ,” ungkapnya.

Sementara Adi Suryanto berharap, bantuan ini  dapat memotivasi para petani, sehingga tidak pantang menyerah. Selain itu, dia menjelaskan keterlibatan TNI sebagai pendamping berdasarkan memorandum of understanding (MoU) antara Kementerian Pertanian dengan Mabes TNI untuk mewujudkan swasembada, demi terciptanya ketahanan pangan yang mandiri. (MC PPU/Helena/Kus)