Menteri ESDM: Saya Masih WNI, Silakan Cek Passport Saya

:


Oleh Wawan Budiyanto, Senin, 15 Agustus 2016 | 09:45 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 799


Jakarta, InfoPublik - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menegaskan hingga saat ini dirinya adalah warga negara Indonesia (WNI), bukan warga negara Amerika Serikat.

Arcandra mengaku, dirinya pergi ke Amerika pada tahun 1996 dan hingga saat ini masih memegang passport Indonesia. "Saya masih warga negara Indonesia dan silahkan cek passport saya,” Arcandra usai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di kantor Kementerian ESDM, Minggu (14/8). 

Penegasan ini diharapkan dapat menetralkan rumor yang berkembang terkait kewarganegaraannya. “Saya tuh orang Padang asli, istri saya juga orang Padang asli, lahir dan besar di Padang. Cuma pas kuliah S2 dan S3 saya kuliah di Amerika,” timpalnya lagi.

Presiden Joko Widodo melantik Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM pada Hari Rabu 27 Juli 2016 menggantikan Sudirman Said. Arcandra Tahar, seorang profesional di bidang energi dan sumber daya mineral. Lulusan Institut Teknologi Bandung ini menghabiskan 20 tahun masa studi dan karirnya di Amerika Serikat, menimba ilmu di berbagai perusahaan minyak dan gas bumi di AS.

Perayaan HUT RI ke-71, di Kementerian ESDM diisi dengan berbagai macam hiburan dan perlombaan. Dalam sambutannya, Arcandra mengatakan ingin mengabdi untuk Indonesia setelah 20 tahun di negeri orang. 

"Inilah Insha Allah saatnya saya pulang, belajar dan mengabdi untuk rakyat Indonesia. Banyak sekali tantangan yang kita dan saya pelajari. Mulai dari hari pertama saya berada disini sampai hari ini bahkan sampai hari kemarin tidak sedikit tantangan yang saya hadapi, tapi Insha Allah dengan dukungan bapak-bapak semua tantangan ini bisa kita hadapi,” katanya.

Ketua Pelaksana Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 Kementerian ESDM, Djajang Sukanar mengatakan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah menjalin tali silaturahmi di lingkungan Kementerian ESDM dan perusahaan BUMN sektor ESDM. 

“Peserta peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ini dihadiri sekitar 600 orang yang terdiri dari para pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, Dewan Energi Nasional, BPH Migas serta SKK Migas dan para Direksi BUMN sektor ESDM dan pegawai Kementerian ESDM,” kata Djajang.

Rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-71  dilaksanakan bermacam kegiatan antara lain, senam poco-poco, senam bersama, vocal group, art performance dari unit-unit  di lingkungan Kementerian ESDM dan lomba mewarnai, makan krupuk dan rebutan kursi raja dan ratu. Rangkaian kegiatan selanjutnya ditutup dengan hiburan berupa musik dan ramah tamah.