Walikota Lepas Pramuka Batam ke Jambore Nasional X

:


Oleh MC Kota Batam, Kamis, 11 Agustus 2016 | 11:27 WIB - Redaktur: Kusnadi - 514


Batam, InfoPublik - Walikota Batam, Muhammad Rudi melepas 32 pramuka Batam yang akan mengikuti Jambore Nasional 2016 di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta. Pelepasan kontingen diadakan di Kantor Pemuda dan Olahraga di Sukajadi Batam, Rabu (10/8).

Kontingen Batam ini dibagi dalam empat regu. Dan merupakan hasil seleksi dari kwartir ranting (tingkat kecamatan) seluruh Batam.

Pengurus Pramuka Kwarcab Batam, Sudirman mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan untuk adik-adik yang mengikuti Jambore Nasional ke-10 ini.

"Mereka sudah dilatih memasak sotong masak hitam dan ikan asam pedas. Keduanya merupakan menu khas masakan melayu," kata Sudirman.

Selain itu juga sudah dipersiapkan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang sifatnya edukatif, rekreatif, dan relijius. Jambore nasional yang berlangsung 12-21 Agustus ini diikuti 32000 pramuka dari seluruh Indonesia, ditambah pramuka negara lain seperti Filipina, Cina, dan sebagainya.

Kepala Kanpora, Syaiful Bahri mengatakan pemerintah menganggarkan Rp 200 juta untuk memberangkatkan 20 peserta. Anggaran ini termasuk biaya seleksi, hingga pemberangkatan. Selain perlengkapan, Kanpora juga menyediakan tiket dan biaya pendaftaran.

"Pemerintah sebenarnya hanya memberangkatkan 20 orang. Tapi ternyata animo anak-anak untuk ikut pramuka ini sangat besar. Jadi yang selebihnya itu dari swadaya dan bantuan pihak lain," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Batam, Muhammad Rudi berharap kontingen Batam bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik. Dan bisa membawa nama baik Batam ke tingkat nasional.

"Kita maunya peserta dari Batam itu gagah, sesuai motto-nya keren, gembira, asyik. Kerennya itu bukan tampangnya tapi dalam hal penampilan, pola pikir, pola tindak," kata dia.(MC Batam Kartika/Kus)