Keramahan Hiu Paus Desa Botu Barani Fenomena Menakjubkan

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Rabu, 10 Agustus 2016 | 19:45 WIB - Redaktur: Tobari - 830


Bone Bolango, InfoPublik - Ada yang mengatakan bahwa kehadiran hiu paus di Desa Botu Barani Kecamatan Kabila Bone, menjadi berkah tidak hanya bagi warga Desa Botubarani namun bagi Bone Bolango juga Provinsi Gorontalo.

Dengan kehadiran hiu paus ini, Gorontalo lebih dikenal. Jadi icon baru Gorontalo dalam mengkampanyekan wisata. Namun yang lebih penting bagi Bupati Bone Bolango Hamim Pou, adalah bagaimana bisa menjaga dan melestarikannya. “Hiu paus fenomena yang menakjubkan, harus dijaga dan lestarikan,” kata Bupati, Rabu (10/8).

Seperti kunjungan Bupati Bone Bolango bersama Ketua HIPMI Jaya Iskandarsyah Ramadan Datau, yang juga saat bersamaan tim dari Danlanal Gorontalo yang dipimpin Danlanal Gorontalo Sadikin serta Kadis Pariwisata Kabupaten Bone Bolango Aznan Nadjamudin.

Kata Bupati, pengelolaan hiu paus ini harus ditata lebih baik, infrastruktur dipercantik dan dilengkapi mulai dari toilet yang memadai hingga infrastruktur lain penunjang pariwisata di Bone Bolango.

Hiu paus, kata Bupati, sudah dikenal. Bahkan dari pantauan kunjungan Bupati Rabu (10/8), belasan wisatawan mancanegara tumplek. Kata salah satu pengunjung, dulu kita harus ke Bali untuk melihat 'bule' (sebutan untuk turis mancanegara) sekarang di Botubarani hampir disetiap hari ada turis mancanegara.

Bahkan saking terkenalnya, brand nasional rela promosi gratis Gorontalo dalam setiap iklan yang ditayang reguler di seluruh televisi nasional.

Namun keramahan lagi-lagi, kata Bupati, keramahan hiu paus di Botubarani harus tetap dijaga. Amazing hiu paus (jaga dan lestarikan), tulis Bupati, di dinding beton yang di desain khusus untuk menulis pesan kesan terhadap wisata hiu paus di Bone Bolango.

Hal senada pun ditulis oleh Danlanal Gorontalo Sadikin. “Semoga makin sukses hiu paus harus dijaga selalu dan selamanya,” tulis Danlanal Gorontalo. (Hms/Afik/Kadir/toeb).