Bupati Soekirman Ajak Masyarakat Bangun Komunikasi Dalam Keluarga

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Selasa, 9 Agustus 2016 | 12:32 WIB - Redaktur: Tobari - 517


Serdang Bedagai, InfoPublik -  Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman mengemukakan, tanpa kita sadari belakangan ini sering sekali terjadi peristiwa kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi terhadap anak.

“Padahal kita menyadari bahwa anak merupakan generasi penerus yang tidak dapat dipisahkan dari keberlangsungan kehidupan terutama dilingkungan keluarga,” katanya pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIII dan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2016, di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Senin (8/8).

Karena keluarga merupakan lembaga terkecil pertama dan utama dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Disamping itu juga sebagai tempat untuk melakukan pembinaan dan pengembangan dalam mewujudkan keluarga yang mandiri dan sejahtera.

Oleh karena itu, peranan keluarga sangat penting, karena sebagain besar waktu bagi anak ada dalam keluarga, oleh karenanya keluarga menjadi tempat untuk membangun karakter anak bangsa yang cerdas, kreatif, inovatif, produktif dan generasi yang membanggakan.

Hal ini dikemukakan Bupati H. Soekirman, yang saat itu didampingi Wabup Darma Wijaya dan unsur Forkopimda. Turut hadir antara lain Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, Kepala Perwakilan BKKBN Provsu Drs. Temazero Zega M.Kes, Kepala Bagian Perlindungan dan Kesejahteraan Anak Biro PPAKB Setdakab Provsu Burhanuddin SH, MSi, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman.

Lebih lanjut disampaikan Bupati H. Soekirman bahwa lagu yang dibawakan dalam acara tersebut berjudul “Anakkon Hi Do Hamoraon Di Ahu dan Tangiang ni Dainang/Saur Matua (Batak) serta Anakku Sazali dan Timang-Timang Anakku Sayang (Melayu)” mempunyai makna anak adalah kekayaan yang paling berharga.

Sehingga orang tua akan terus memperjuangkan anaknya dan membahagiakannya. Karena doa orang tua selalu mengiringi kehidupan anaknya.

Disamping itu kewajiban dalam hal mengurus dan mendidik anak bukan saja semata tanggung jawab para ibu, melainkan juga sebagai tanggung jawab seorang bapak terhadap anaknya.

Oleh karenanya, Bupati Soekirman mengajak masyarakat untuk membangun komunikasi yang baik kepada anak, jadikan mereka sebagai sahabat sehingga mereka menjadikan kita para orang tua tempat untuk berbagi cerita. 

Bupati Sergai juga mengajak seluruh komponen bangsa baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara bersama-sama melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab kepada anak dengan memberikan pemenuhan hak-hak anak.

“Dan kepada para anak sebagai generasi penerus bangsa teruslah belajar, rajin beribadah, hormati dan taati orang tua, guru serta jauhilah narkoba dan hindari dari berbagai aktivitas yang tidak bermanfaat,” kata H. Soekirman.

Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara Ny. Hj. Marliah Soekirman yang juga selaku Ketua TP PKK Sergai melaporkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan Harganas adalah untuk meningkatkan peran serta seluruh lembaga, stakeholder dan mitra kerja serta masyarakat dalam pelaksanaan program KKBPK untuk membangun keluarga kecil, bahagia, sejahtera dan mengintegritaskan program pembangunan lainnya.

Sedangkan tujuan peringatan HAN adalah menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan peningkatan perlindungan dan tumbuh kembang anak.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 900 orang dimeriahkan dengan pembagian hadiah bagi pemenang perlombaan  Kesatuan Gerak PKK, Lomba Kader IMP dan PLKB serta anak berprestasi, pameran kelompok UPPKS, pameran buku dan photo anak serta pelayanan kesehatan, jelas Hj. Marliah Soekirman.(Mc Serdang Bedagai/Febri/toeb)