Kostum Indonesia di Pembukaan Olimpiade 2016 Dipuji Netizen Dunia

:


Oleh Astra Desita, Sabtu, 6 Agustus 2016 | 21:27 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 765


Jakarta, InfoPublik - Kontingen Indonesia resmi siap berlaga di Olimpiade 2016 yang tengah berlangsung di Rio de Jainero, Brasil. Semalam, upacara pembukaan pun telah diselenggarakan di Stadion Maracana, Jumat (5/8) pukul 20:00 waktu setempat. Selain dimeriahkan oleh performa musik dan tari yang spektakuler, para atlet dari 200-an negara juga melakukan defile, tak terkecuali dari Indonesia.

Kehadiran atlet-atlet Tanah Air tentu ditunggu masyarakat Indonesia. Terlebih sejumlah kritik sempat tertuju pada seragam yang dibawakan kontingen untuk defile dalam pembukaan. Tampil dengan desain serupa jas, busana bernuansa merah-putih dengan motif burung garuda itu dianggap sedikit terlalu ramai dan kurang fashionable.

Meski menuai kritik di negeri sendiri, defile kontingen dari Indonesia ternyata cukup dipuji warga dunia. Di Twitter, rombongan yang terdiri dari tujuh atlet dan beberapa orang berkostum daerah itu banyak menerima komentar positif.

Tak sedikit netizen mengatakan jika busana Indonesia adalah yang terbaik. Apalagi Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang mengedepankan unsur kultural.

Kostum tersebut sempat menuai kritikan di dalam negeri, karena desainnya dianggap kurang inovatif. Tapi reaksi berbeda ditunjukkan netizen dari berbagai negara saat melihat tampilan kontingen Indonesia saat berdefile. Dipimpin Maria Londa yang membawa bendera merah putih, para anggota kontingen Indonesia tampak percaya diri saat memasuki Stadion Maracana.
Sambutan hangat diberikan oleh para penonton di stadion. Begitu juga para netizen di Twitter.

Mereka memuji kontingen Indonesia yang berani tampil beda dan menonjolkan sisi budaya pada kostumnya. Atlet-atlet dari negara lain mayoritas berpakaian senada, yaitu jas dipadu dengan celana panjang.
 Indonesia wins the most impressive outfit so far #OpeningCeremony #Rio2016 pic.twitter.com/G92ckOakND
    — Ahmed Al Omran (@ahmed) August 6, 2016
"Indonesia memenangi kostum terimpresif sejauh ini," puji salah seorang netizen, Ahmed Al Omran, melalui akun Twitternya.
Netizen lainnya memuji para atlet dan ofisial Indonesia yang berani tampil beda dan maksimal, di saat kontingen lain memakai kostum yang hampir seragam. Mereka memuji kostum Indonesia sangat indah dan cantik.
Chef de Mission (CdM) Olimpiade, Raja Sapta Oktohari, enggan mengomentari tentang pro dan kontra kostum Indonesia tersebut. Dia memilih fokus pada para atlet yang bakal mulai bertanding.
"Semua ini (kostum kontingen Indonesia) hanya faktor sekunder. Yang utamanya besok panahan, rowing, dan angkat besi sudah mulai bertanding. Semoga dengan doa dari masyarakat Indonesia kami bisa mendapatkan medali emas. Amin," ujar pria yang akrab disapa Okto itu melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu, (6/8).