Semua Tahapan Perhelatan MTQN XXVI 2016 Berjalan Lancar

:


Oleh Putri, Sabtu, 6 Agustus 2016 | 16:18 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 655


 

Mataram, InfoPublik - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Pusat Machasin mengatakan semua tahapan dari perhelatan MTQN XXVI 2016 di Mataram telah selesai dan berjalan dengan baik.

Ada beberapa indokator yang menunjukan hal tersebut, yakni pertama, proses pendaftaran peserta melalui e-MTQ memberi dampak besar bagi kelancaran proses validasi peserta dan input database. Seluruh proses pendaftaran dan verifikasi terekam dan tersimpan sebagai database. Kedua, pelaksanaan lomba berjalan sesuai ketentuan yang berlaku. Yang ketiga adalah partisipasi publik yang sangat besar, dapat dilihat dari antusiasme masyarakat untuk ikut menyemarakkan event dua tahunan ini.

“Selain penutupan, akan diumumkan pemenang dari perlombaan dan penyerahan penghargaan juga akan didampingi oleh para pejabat di lingkungan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Seluruh juara lomba nantinya akan mendapatkan uang pembinaan,” katanya saat konferensi pers Sabtu (6/8) di Mataram.

Menindaklanjuti hasil MTQN XXVI dan beberapa catatan, KemenAg dan LPTQ Nasional telah menyiapkan langkah-langkah sebagai berikut, KemenAg dan LPTQ Naional dakan melakukan pembinaan pad LPTQ Provinsi dalam rangka penguatan system dan perangkat penyelenggara MTQ di daerah masing-masing. Dalam hal ini penggunaan e-MTQ juga dapat diterapkan di daerah.

Selanjutnya yang kedua, juga akan dilakukan pembinaan kepada para juara untuk dapat dikirm ke level internasional khususnya cabang tilawah dan hidzil Quran. Dan ketiga, kami berkomitmen untuk melakukan perbaikan system dan perangkat mesabaqah untuk pelaksanaan MTQN XXVI 2018. Penguatan system, peningkatan profesionalitas perangkat perlombaan dan infrastruktur akan menjadi catatatan penting unutk perbaikan.

Penutupan MTQN XXVI 2016 akan secara resmi ditutup oleh Menteri Agama Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin mulai pukul 19.30 WITA. Selain itu juga Menteri Lukman akan menyerahkan piala bergilir Presiden RI kepada juara umum MTQN XXVI dan menandatangai prasasti MTQ Nasional XXVI tahun 2016. Selanjutnya, Gubernur NTB M. Amin akan menyerahkan bendera MTQ kepada Ketua LPTQ Nasional dan selanjutnya diserahkan kepada Tuan rumah MTQN XXVI tahun 2018.