Dirjen PHU Kemenag Lepas 357 Petugas Haji 2016

:


Oleh H. A. Azwar, Sabtu, 6 Agustus 2016 | 10:55 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 258


Jakarta, InfoPublik - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Abdul Djamil melepas 357 petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1437H/2016M.

Ke-357 petugas haji tersebut terdiri dari 207 petugas dari unsur Kemenag dan 150 petugas dari Kemenkes akan bertugas selama 72 hari di Jeddah dan Madinah.

Rencananya, keberangkatan para petugas tersebut ke tanah suci pada Sabtu (6/8) dan terbagi dalam 2 penerbangan. Penerbangan pertama pukul 11.55 WIB, dengan Pesawat Garuda GA 980, sebanyak 241 petugas. Sedang 116 petugas lainnya akan berangkat pada pukul 16.40 WIB dengan Pesawat Garuda GA 962.

Selamat jalan para petugas PPIH. Semoga Allah SWT melindungi perjalanan, setiap langkah dan perjuangan kita. Alhamdulillah, suasana di sini, mulai tampak seperti di Arab sana, karena para petugas memakai seragam resmi, kata Abdul Djamil di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jum'at (5/8) malam.

Hadir dalam pelepasan tersebut, Sekjen Kemenkes, serta para pejabat eselon II dan III PHU dan dari Kemenkes, utamanya di Pusat Kesehatan Haji.

Dalam sambutannya, Abdul menitip tiga pesan. Pertama, bulatkan tekad untuk bertugas dengan baik dan optimal, baik dalam pelayanan, pembinaan, maupun perlindungan jemaah haji. “Saat ini, Saudara sedang menjalani tugas negara dengan menjadi petugas hai,” katanya mengingatkan.

Pesan kedua, agar sabar dan kuat dalam menjalani tugas sebagai PPIH, karena akan mendapat banyak hal di lapangan saat melayani jamaah haji. “Terakhir, Ikhlas kan hati,” pesan Abdul.

Abdul juga meminta para petugas dapat saling bantu dan bekerja sama, baik yang di daerah kerja (Daker), sektor, maupun lapangan. “Menjadi petugas haji, sangat membanggakan, karena mengurusi urusan ukhrowi. Jika jamaah haji yang kita layani mabrur, maka Surga adalah balasan yang setimpal. Diiringi doa, semoga tidak ada aral, serta lancar menjalankan tugas, dan diberi kekuatan hingga pulang ke Tanah Air,” pinta Abdul Djamil.

Sebelumnya, Sekjen Kemenkes, Untung Suseno Sutarjo mengatakan, kondisi cuaca Arab Saudi saat ini diperkirakan mencapai 51 derajat celcius,. Untuk itu, para petugas diminta untuk menjaga diri dan kesehatannya agar bisa optimal dalam bertugas.

Gunakan ilmu yang didapat dengan baik dan benar, lakukanlah tugas sesuai SOP, dan jangan lupa jaga diri dan kesehatan, agar pelayanan maksimal. Minum air putih yang banyak, kata Untung.

Untuk mengingatkan agar para petugas haji bekerja dengan ikhlas dan sabar. “Kita patuhi aturan yang telah ditetapkan, serta jaga kekompakan dan persatuan tim. Semoga lancar dan dalam keadaan sehat hingga kita kembali ke Tanah Air. Selamat jalan, selamat bertugas, semoga Mabrur dan mendapat perlindungan Allah SWT,” tukas Untung.