Bupati Soekirman: Diperlukan Kewaspadaan Agar Terhindar Dari Konflik

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Kamis, 4 Agustus 2016 | 13:29 WIB - Redaktur: Kusnadi - 475


Serdang Bedagai, InfoPublik – Menyikapi peristiwa yang belakangan kerap terjadi dan memicu kerusuhan seperti di kabupaten/kota lain, hingga akhirnya memecah belah persatuan dan kerukunan umat, diharapkan seluruh stakeholder untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap hal-hal yang bernuansa SARA dan tidak mudah terprovokasi. Kewaspadaan tersebut sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya konflik.

Oleh karenanya kita sebagai masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sudah sepantasnya mengucapkan rasa syukur atas karunia Allah SWT, karena lepas dari bencana alam dan bersyukur tidak ada bencana sosial politik. Hal ini dikarenakan meski telah usai pentas Pilkada dan Pilkades beberapa waktu yang lalu, namun tidak terjadi konflik meskipun masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat berbeda suku dan agama.

Hal ini dikemukakan oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya dihadapan jajaran pemerintahan, masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin dan Sei Bamban pada acara Halal bi Halal (HBH) Idul Fitri 1437 H bertempat di Rumah Dinas Camat Tanjung Beringin dan Kantor Camat Sei Bamban, Senin (1/8).

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya, Asisten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno, MM, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumnala, Kabag Kessos Drs. Nasrul Azis Siregar, Camat Tanjung Beringin  Sudarno, S.Sos, Camat Sei Bamban Imran Doni Pauzi, S.Sos, Muspika, TP PKK Kecamatan dan Desa, para Kades, Kapus, tenaga medis, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Lebih lanjut dipaparkan Bupati Soekirman menyoal dari tugas-tugas pemerintahan yang hingga kini masih mengejar rencana-rencana pekerjaan yang belum terselesaikan. Sebelum tanggal 17 Agustus tiba tepat enam bulan kepemimpinan Soekirman-Darma Wijaya semua pekerjaan yang tertunda di tahun ini harus segera dituntaskan seperti RPJM 5tahun, P-APBD TA 2016, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2015 dan R-APBD TA 2017.

Dalam hal pemerintahan desa terkhusus bagi para Kades, Bupati Sergai menghimbau untuk menyukseskan pola pembangunan desa, seperti yang diamanatkan oleh Presiden Jokowi membangun pinggiran dari desa, yakni membangun infrastruktur dasar yang tertuang dalam RPJMDes.

“Oleh karenanya Anggaran Dana Desa (ADD) digunakan membangun infrastruktur Desa. Kemudian pembangunan yang sepenuhnya memaksimalkan potensi Desa hingga semua anggaran dipergunakan efisien dan tepat sasaran yang bertujuan mensejahterakan masyarakat,” papar Bupati Soekirman.

Dalam kesempatan yang sama Camat Sei Bamban Imran Doni Fauzi, S.Sos yang didampingi jajarannya mengatakan, terdapat 10 desa di kecamatan ini. Seluruh Kades telah bekerja keras untuk membangun desa.

Ada dua pembangunan besar sedang dikerjakan. Pertama, pembangunan DAM Sei Belutu ditargetkan pada Desember tahun ini selesai. Kedua, pembangunan jalan tol yang ada di Desa Bakaran Batu menuju Kota Tebing Tinggi.

“Semoga 2 pembangunan besar ini cepat selesai dan  sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat dan tentunya membawa kemajuan di daerah ini,” ujar Camat Doni. (Mc Serdang Bedagai/Febri/Kus)