BPPT Anugerahkan Perekayasa Utama Kehormatan Kepada Indroyono Soesilo

:


Oleh G. Suranto, Rabu, 3 Agustus 2016 | 13:39 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 852


Jakarta, InfoPublik - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menganugerahkan Gelar Perekayasa Utama Kehormatan 2016 untuk Bidang Maritim kepada Prof Dr Ir Dwisuryo Indroyono Soesilo M.Sc.

Penganugerahan Gelar Perekayasa Utama Kehormatan dilakukan oleh Ketua Majelis Perekayasa BPPT Dr Ir Unggul Priyanto MSc. Prosesi pengukuhan Indroyono Soesilo sebagai Perekayasa Utama Kehormatan tersebut dilaksanakan di Auditorium BPPT, Jakarta, Rabu (3/8).

Unggul Priyanto yang juga sebagai Kepala BPPT mengatakan, anugerah yang diterima Indroyono sebagai bentuk penghormatan kepada warga negara pilihan atas jasa-jasanya yang sangat besar dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Disebutkan, Indroyono merupakan salah satu putra terbaik bangsa ini, dinilai sebagai tokoh yang banyak berperan sebagai perekayasa melalui kegiatam riset, pengembangan dan inovasi di bidang maritim. Indroyono juga merupakan sosok panutan yang memiliki karir cemerlang baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pada tingkat nasional, Indroyono sempat menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya RI pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo, dari Oktober 2014 hingga Agustus 2015.

Sedangkan karir di tingkat internasional diantaranya Direktur Sumber Daya Perikanan dan Aquakultur FAO, salah satu anak organisasi dari PBB di tahun 2012. Kemudian, pernah mewakili Indonesia dan negara ASEAN bersaing dengan empat kandidat lain yang berasal dari Austria, Brasil, Iran, dan Irak untuk mengikuti pemilihan Direktur Jenderal FAO periode 2012-2015 yang berlangsung di Roma pada 25 Juni-2 Juli 2011.

Saat ini, Indroyono menjabat sebagai Honorary Advisor (Penasehat Menteri) Kementerian Pariwisata, dan sempat mengawasi satu Proyek Studi Pemberantasan Praktek IUU Fishing di Laut Arafura pada 2008, menjadi delegasi Indonesia dalam Inisiatif UNEP-PBB Karbon Biru Dana FAO, Sekretaris di Eksekutif World Ocean Conference 2009 yang menghasilkan Deklarasi Kelautan Manado, dan sebagai penggerak utama dalam pembentukan Coral Triangle Initiative pada 2007

Sebagai informasi, Anugerah Perekayasa Utama Kehormatan diselenggarakan setiap tahunnya sejak Tahun 2007 yang juga menjadi rangkaian Peringatan HUT BPPT. Tahun  2016 ini menginjak usia ke-38. Gelar Perekayasa Utama Kehormatan telah diberikan kepada sembilan putra-putri terbaik bangsa ini dalam berbagai bidang, dan Indroyono Soesilo adalah penerima ke-10.