Dharmasraya, InfoPublik – Rangkaian peringatan HUT RI ke-71 di Kabupaten Dharmasraya disemarakkan dengan lomba mancing mania di kolam ikan BBI Tarantang, setelah pagi harinya dlakukan kegiatan Gerak Jalan Santai di halaman Kantor Bupati Dharmasraya di Pulau Punjung.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kepala SKPD dan peserta dari masyarakat pecandu "mancing mania", demikian Media Center Kabupaten Dharmasraya melaporkan, Selasa (2/8).

Saat lomba mancing mania tersebut, Bupati Dharmasraya yang juga Raja Kota Besar ini melepas ikan yang akan dipancing oleh peserta "mancing mania". Ikan yang disebut "raja ikan" tersebut, merupakan indukan ikan mas yang siap bertelur. Sang Raja Koto Besar itu bertekad mewujudkan Dharmasraya sebagai sentra pembibitan ikan mas.

Saat ini, di UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Tarantang, Kecamatan Koto Baru, yang dipimpin Redha Akmal, mengembangkan berbagai jenis bibit ikan, antara lain nila, mas, patin, dan lele.

Tak tanggung-tanggung, UPTD binaan Kadis Nakkan Ir. Yose Sudarso itu ditargetkan meraup PAD Rp200 juta per tahun dari hasil jual beli bibit ikan. (Hendri-MCKab. Dharmasraya/toeb)