TNI AU Dihadapkan Tugas Semakin Kompleks Dan Lebih Berat

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Selasa, 2 Agustus 2016 | 12:38 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 889


Merauke, InfoPublik  - Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Agus Supriatna, mengungkapkan, tantangan tugas yang akan dihadapi TNI Angkatan Udara sekarang dan masa yang akan datang akan semakin berat dan kompleks seiring dengan dinamika kondisi lingkungan strategis yang terus berkembang dengan cepat.

Sementara keterbatasan diberbagai bidang masih harus dihadapi termasuk ketergantungan Indonesia terhadap luar negeri. ‘’Kondisi faktual tersebut mengharuskan kita untuk senantiasa berpikir kreatif, rasional dan sinergis dalam mencari solusi yang terbaik serta kompak dalam melangkah dan bertindak,’ kata Marsekal TNI Agus Supriatna, dalam amanat tertulisnya dibacakan Danlanud Merauke Kolonel PNB Widiargo Iko Putra, pada peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-69 berlangsung di halaman Mako Lanud Merauke, Jumat (29/7).

Hari Bhakti TNI AU ke-69 itu bertemakan dilandasi semangat kepahlawanan 29 Juli 1947, TNI Angkatan  Udara bertekad meningkatkan dharma bhaktinya untuk bangsa dan negara. Menurut KASAU, tema ini merupakan tekad bersama dan hendaknya senantiasa menjadi sumber inspirasi bagi setiap diri seorang prajurit TNI Angkatan Udara dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

‘’Kita bangun bersama profesionalisme prajurit yang kita harapkan, dengan tetap dilandasi oleh semangat pengabdian dan jiwa juang yang tinggi, sebagaimana tersirat dalam sapta marga dan sumpah prajurit,’’ tandasnya. Hari Bhakti TNI AU tersebut dikaitkan dengan serangan udara pagi hari, pada tanggal 29 Juli 947 yang dilaksanakan oleh tiga Kadet Penerbang yakni Mulyono, Sutarjo Sigit dan Suharnoko Harbani yang ditujukan pada pendudukan Tentara Belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga yang menjadi cikal bakal operasi udara  yang terus dikembangkan TNI Angkatan Udara. (02/mc/mrk/Abd/Eyv)