Pelaksanaan MTQ Tingkat Pariaman Selatan Cikal Bakal Pembangunan

:


Oleh MC Kota Pariaman, Sabtu, 30 Juli 2016 | 11:00 WIB - Redaktur: Tobari - 802


Pariaman, InfoPublik - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VII tingkat Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman tahun 1437 H/ 2016, resmi dibuka Wakil Walikota Pariaman Genius Umar di Masjid Raya Punggung Lading, Jum’at (29/7). Kegiatan MTQ ini akan digelar dari tanggal 29-31 Juli 2016.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya, mengatakan kegiatan MTQ ini sudah tidak asing lagi bagi umat Islam di tanah air, karena diselenggarakan setiap tahun mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat nasional.

Apabila kegiatan ini kita jadikan kegiatan pembelajaran Al Qur’an di lingkungan masing-masing akan dapat melakukan pengkaderan qari/qariah yang berprestasi secara mandiri, sehingga dapat mengirimkan qari/qariah yang baru pada setiap penyelenggaraan musabaqah.

“Terlebih lagi, Kecamatan Pariaman Selatan sebagai gerbang masuk Kota Pariaman harus mampu menjadi contoh terbaik dalam berbagai aspek bidang terutama bidang keagamaan, dimana Pemkot Pariaman dalam tahun ini akan menuntaskan berbagai pembangunan fisik sarana dan prasarana yang ada di kecamatan Pariaman Selatan ini,” kata Genius.

Genius berharap infrastruktur yang telah dibangun Pemerintah berupa listrik, jalan beraspal dan seterusnya berkontribusi positif pada laju perekonomian di Kota Pariaman.

Akan tetapi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat tidaklah cukup jika tidak ditunjang oleh kualitas spiritual secara individual, oleh karena itu kegiatan-kegiatan yang positif seperti yang kita laksanakan ini harus kita sukseskan bersama.

Kepala Kemenag Kota Pariaman Helmi mengharapkan kegiatan ini tidak hanya dilihat dari sisi seremonial semata, namun lebih dari pada itu yakni mampu mengaplikasikan semua nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an pada seluruh aspek kehidupan.

Camat Pariaman Selatan Basri Malik mengatakan gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VII tingkat Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman tahun 1437 H/ 2016 ini di ikuti 150 orang kafilah dari 16 desa di Kecamatan Pariaman Selatan yang akan berlangsung selama tiga hari kedepan dengan alokasi dana bersumber dari APBD Kota Pariaman dan donatur-donatur perantau dari Pariaman Selatan.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wawako Pariaman, dan dilanjutkan dengan pawai ta'aruf oleh kafilah-kafilah se-Kecamatan Pariaman Selatan.

Pembukaan dihadiri Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, Anggota DPRD Kota Pariaman Fauzi, Kapolsek Pariaman, Kabag Ops. Kodim 0308, tokoh masyarakat Pariaman Selatan Hj.Tri Murti ilyas, Buya Fuadi Jalil, BA, Ketua MUI Kota Pariaman Jauhar Muiz, camat se-Kota Pariaman. (phaik/toeb)