Bupati Pinrang Undang Dua Professor Dalam Memberantas Tikus

:


Oleh MC Kabupaten Pinrang, Jumat, 29 Juli 2016 | 16:12 WIB - Redaktur: Tobari - 393


Pinrang, InfoPublik – Bupati Pinrang Aslam Patonangi kembali mengadakan sarasehan dengan mengundang dua orang Professor yang ahli dalam pengendalian hama, termasuk hama tikus, setelah sebelumnya juga mengadakan rapat untuk membicarakan pengendalian hama tikus ini.

Kegiatan tersebut digelar, menyusul kegusaran di antara petani di Kabupaten Pinrang saat ini areal pertaniannya tengah diserang oleh hama tikus.

Bupati Aslam mengatakan bahwa, hama tikus ini sudah sangat meresahkan, bukan hanya para petani tetapi sector-sektor lain juga sangat merasakan dampaknya akibat penurunan produksi karena serangan hama tikus ini. Seperti kita ketahui bahwa 53% PDRB Kabupaten Pinrang disumbang oleh sektor pertanian.

“Dampak dari serangan hama tikus ini, selain penurunan produksi beras juga berimplikasi terhadap stok pangan nasional karena Pinrang adalah salah satu lumbung pangan nasional,” katanya.

Pemberantasan ini harus dilakukan secara sistematis untuk memutus siklus perkembangbiakan hewan pengerat ini. Bupati Aslam juga mengingatkan bahwa masyarakat petani serta semua sektor yang terkait di dalamnya untuk senantiasa waspada, bukan tidak mungkin serangan hama tikus akan kembali menyerang bahkan setelah pengendalian dilakukan.

Sarasehan ini dihadiri oleh semua unsur terkait pertanian, mulai dari tingkat Penyuluh, para Buser OPT serta para Kelompok Tani yang tergabung dalam Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Pinrang, selain itu juga di hadiri oleh 2 Professor yakni Professor Jafar dan Professor Sabir sebagai tenaga ahli dalam bidang pemberantasan Hama Pertanian (iar/sar/herman ch/alhim mc pinrang/toeb)