Dindik Kota Cilegon Gelar Jambore Anak Usia Dini

:


Oleh Prov. Banten, Jumat, 29 Juli 2016 | 14:35 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 505


Cilegon, InfoPublik  - Ratusan anak pendidikan anak usia dini (PAUD) mengikuti jambore anak usia dini se – Kota Cilegon yang bertempat di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), di Kelurahan Lebak Denok, Kecamatan Citangkil, Rabu, ( 27/7).

Kepala UPTD SKB, Siti Zubaedah mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh UPTD SKB Dinas Pendidikan Kota Cilegon dalam rangka pengenalan dini dan pembentukan karakter pada anak usia dini.

“Ini merupakan yang pertama kali UPTD SKB melaksanakan jambore anak usia dini, melalui jambore anak usia dini ini kita ingin meningkatkan pendidikan karakter yang merupakan bagian dari kewajiban kita selaku penyelenggara pendidikan,” kata Siti saat ditemui di sela-sela acara berlangsung.

Adapun rangkaian kegiatan yang diikuti sebanyak 150 peserta anak usia dini dari delapan kecamatan se – Kota Cilegon tersebut, yakni berupa lomba-lomba dan Kepramukaan.

“Di sini, kita mengenalkan dan mempraktikkan KMD sebelum melakukan dan memperkenalkan pendidikan kepramukaan di Paudnya masing-masing, sebelum mereka mengenalkan, mereka wajib memiliki pengetahuan keterampilan dan sikapnya, di dalamnya adalah unsur-unsur kependidikan karakter itu harus ada, seperti kebersamaan, disiplin. Peserta sendiri itu semuanya adalah perwakilan dari masing-masing kecamatan yang ada di Kota Cilegon,” ujarnya.

Siti berharap dengan diadakannya jambore anak usia dini ini, setiap anak dapat menambah pengetahuan, serta pendidikan karakter dapat melekat pada anak.

“Melalui ajang jambore inilah diharapkan kemampuan, bakat dan kreativitas anak akan muncul. Ini merupakan pendidikan nonformal, mudah-mudahan untuk pendidikan anak usia dini pengetahuannya bertambah dan pendidikan karakternya dapat melekat pada anak,” ujarnya.(MC.Prov.Banten/Eyv)