Jakarta, InfoPublik - Hari terakhir pertandingan ASEAN Schools Games 2016 telah selesai. Indonesia masih bertahan diperingkat dua. Thailand sebagai tuan rumah masih kokoh di puncak klasemen perolehan medali dengan 56 emas 36 perak dan 33 perunggu, disusul Indonesia dengan 30 emas 34 perak dan 35 perunggu, dan peringkat tiga diraih Vietnam dengan 19 emas 20 perak dan 15 perunggu.

Atas hasil ini, CDM Indonesia Akhyar Matra mengatakan apa yang dicapai pada Asean Schools Games tahun ini sudah maksimal. Perjuangan para atlet pada setiap cabor sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya, bahkan ada beberapa cabor yang melebihi target seperti renang yang berhasil mengambil 17 medali emas dengan target 10. Begitu juga dengan atletik yang ditargetkan 6 bisa mendapatkan 8 medali emas. 

"Saya akui jika Thailand sebagai tuan rumah memiliki persiapan yang jauh lebih matang, kita memang tidak bisa mempertahankan juara umum, tapi apa yang kita capai di ajang Asean Schools Games tahun ini sudah yang terbaik. Perjuangan anak-anak di lapangan dalam setiap pertandingan sudah maksimal, justru dari salah satu cabor kita atletik ada pelari yang berhasil memecahkan rekor ASG," kata Akhyar Matra.

Dihari terakhir tambahan medali emas Indonesia datang dari cabor bulutangkis (3 emas), atletik (1 emas), tenis (1 emas) dan golf (1 emas). Dari seluruh hasil perolehan medali masing-masing cabang olahraga, renang dan atletik masih yang terbanyak. Sedangkan beberapa cabor seperti Basket, Voli, Futsal, Sepak Takraw, Tenis Meja dan Senam sama sekali tidak mendapatkan emas.

Bagi cabor yang tidak mendapatkan medali atau tidak sesuai target tetap akan di evaluasi untuk mengetahui kekurangannya. "Setiap hari selesai pertandingan, semua cabor masing-masing kumpul untuk melakukan evaluasi . Saya kira cabang olahraga yang tidak mendapatkan emas tetap akan kita lakukan evaluasi agar bisa mengetahui kekurangannya," tambah Akhyar.

Sementara pelatih voli Eko Waluyo mengakui jika minimnya persiapan memang memiliki pengaruh terhadap kualitas permainan anak asuhnya. "Persiapan kita memang kurang dan itu sangat mempengaruhi permainan kami di lapangan. Tapi anak-anak sudah bermain bagus bisa menyumbangkan medali perak di ASG tahun ini," kata Eko. 

Klasemen Akhir Perolehan Medali ASG 2016
Negara            Emas     Perak    Perunggu    Total
Thailand          56           36          33                125
Indonesia        30           34          35                  99
Vietnam          19            20         15                   54
Singapura       13           14          30                   57
Malaysia          6            16          22                   44
Laos                0              1            7                    8
Kamboja          0              0           1                     1