DPRD Kebumen Kunjungi Sergai

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Rabu, 27 Juli 2016 | 12:59 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 445


Serdang Bedagai, InfoPublik - Tiga puluh dua anggota DPRD dan beberapa Kepala SKPD Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dipimpin Sekdakab H. Adi Pandoyo SH, MSi.

Kunjungan anggota legislatif dari Kabupaten Kebumen ini diterima langsung oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan MSi, Asisten Ekbangsos Hadi Winarno MM, para Kepala SKPD dan Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah dan Tim Strategi Aliance for Poverty Alleviation (SAPA) Sergai bertempat di bertempat di Aula Sultan Serdang Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (26/7).

Pimpinan rombongan Sekdakab Kebumen H. Adi Pandoyo SH, MSi didampingi Ketua DPRD H. Cipto Waluyo S.Kep.Ns menjelaskan tujuan kehadiran mereka ke Kabupaten Sergai selain sebagai ajang silahturahmi dan tukar-menukar informasi sekaligus mendapatkan pembelajaran (pembanding) atas Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) khususnya dalam hal penanggulangan kemiskinan.

Sebagai Kabupeten muda, keberhasilan Kabupaten Sergai dalam menekan angka kemiskinan sejak beberapa tahun terakhir menurut Adi Pandoyo diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain terkhusus dengan dipilihnya Kabupaten Sergai sebagai pilot strategic penanggulangan kemiskinan. Disamping itu juga untuk melihat perkembangan pembangunan Kabupaten Sergai dalam strategi serta kiat-kiatnya memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai kemajuan maupun prestasi yang telah diraih selama ini, ujar Sekdakab Kebumen.

Sementara itu dalam sambutan selamat datang Bupati Ir. H. Soekirman merasa sangat tersanjung karena dikunjungi Pemkab Kebumen guna bertukar pengalaman. “Besar harapan kami kunker ini membawa kesan baik dan hubungan persaudaraan dapat terus berlanjut sepanjang masa”, ujar Bupati Sergai.

Lebih lanjut Bupati Sergai menjelaskan bahwa Kabupaten yang dimekarkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai di Provinsi Sumatera Utara ini terdiri dari 17 Kecamatan, 237 Desa dan 6 Kelurahan dengan luas wilayah 1900,22 Km2 serta jumlah penduduk 734.966 jiwa. Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini merupakan kabupaten agraris dimana potensi daerah yang terbesar adalah pertanian.

Sama halnya dengan Kabupaten Kebumen, bahwa Pemkab Sergai juga baru mengadakan Pilkada dimana Bupati dan Wabup baru dilantik tanggal 17 Februari 2016 lalu. Dan saat ini sedang menunggu verifikasi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 dari Pemerintah Provibsi Sumatera Utara (Pemprovsu). RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi dan program pembangunan sekaligus sebagai cerminan konsekuensi dan konsistensi atas program pembangunan yang pernah ditawarkan Kepala Daerah pada saat kampanye. Dimana visi Kabupaten Sergai ini adalah menjadikan Kabupaten yang unggul, inovatif, bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dalam hal menekan angka kemiskinan, sudah selama sepuluh tahun Sergai melakukan hal ini bahkan sudah sebagai pilot strategic penanggulangan kemiskinan. Hal ini tentunya juga merupakan tantangan bagi Pemkab Sergai untuk melakukan mereview kebijakan, mengidentifikasi hambatan, termasuk melakukan sinergi dan integritas antar sektor dalam penanggulangan kemiskinan, seperti posyandu holistik dan Sistem Informasi Desa (SID).

“Dengan kehadiran pejabat-pejabat dari daerah lain mengunjungi Kabupaten Sergai, diharapkan dapat dijadikan motivasi bagi jajaran Pemkab Sergai untuk terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan yang lebih baik dari hari ke hari”, pungkas H. Soekirman.(Mc Serdang Bedagai/Febri/Eyv)