Upacara HUT RI di Enggano Berharap Pribumi Kibarkan Bendera

:


Oleh MC Bengkulu Utara, Rabu, 27 Juli 2016 | 09:44 WIB - Redaktur: Kusnadi - 520


Argamakmur, InfoPublik -  Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian melalui Asisten I Pemkab BU, Sahat Sitomorang AP MM mengatakan, terkait perayaan HUT Republik Indonesia ke 71  pada 17 Agustus 2016 mendatang yang berlangsung di Pulau Enggano, pihaknya berharap putra-putri pribumi (Enggano) diberi kesempatan untuk melakukan pengibaran bendera merah putih.

Untuk mengupayakan hal itu, pihaknya yang juga termasuk dalam struktur panitia akan mengkoordinasikannya kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu.

 “Kita berharap putra-putri Enggano terlibat dalam pasukan pengibar bendera, tapi kita akan koordinasikan lagi hal itu ke Pemerintah Pusat dan Provinsi,” katanya.

Selain itu, pihaknya merencanakan festival Enggano dalam perayaan yang akan berlangsung mulai tanggal 16 Agustus mendatang. Festival itu rencananya semua kesenian khas Pulau Enggano.

“Dimana tanggal 16 malam 17 Agustus itu yang didengar, dilihat dan dimakan itu adalah khas Enggano semua,” imbuhnya.

Lanjutnya, hal itu dilakukan untuk memperkenalkan budaya Pulau Enggano ke masyarakat luas, terlebih lagi yang akan menghadiri upacara HUT itu adalah orang-orang penting dari pemerintah pusat. Oleh karena itu, secara tidak langsung nantinya budaya di pulau tersebut dapat tereksplor melalui mulut ke mulut, sehingga wisatawan yang nanti akan berkunjung dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten BU.

“Tujuan kita untuk memperkenalkan budaya asli Pulau Enggano karena yang akan datang nantinya, ada pejabat dari pemerintah pusat dengan itu walaupun dari mulut ke mulut Pulau Enggano bisa tereksplor,” tutup Sahat. (Mc.Bu/Hepi/Kus).