Mendagri: Kepolisian Dapat Membangun Tata Kelola Pemerintahan

:


Oleh Eko Budiono, Senin, 25 Juli 2016 | 18:05 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 206


Jakarta, InfoPublik - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo  berharap aparat kepolisian mampu membangun tata kelola antara pemerintah pusat dan daerah. Peran kepolisian tersebut diharapkan mampu mewujudkan kerja sama yang efektif dengan unsur pemerintahan daerah yang lain seperti TNI, kejaksaan, dan pengadilan.

“Konsep saya dan Presiden Jokowi bagaimana membangun tata kelola antarpemerintah pusat dan daerah yang efektif dan efisien taat pada hukum , mempercepat birokrasi sehingga diperlukan peran kepolisian,” kata Mendagri dalam siaran persnya, Senin (25/7).

Menurut Mendagri, kepala daerah harus berkordinasi dengan  Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) termasuk kepolisian.“ Kordinasi tersebut dilakukan guna antisipasi dan deteksi dini dari ancaman kesenjangan sosial, narkoba, korupsi, radikalisme dan terorisme,” ungkapnya.

Ia mengatakan  media juga bertugas dalam memantau dan memberikan opini, mana benar dan salah. Sampai sekarang, jajaran komunikasi tingkat pimpinan daerah tersebut sudah berjalan dengan baik mulai dari tingkat provinsi sampai kecamatan. “Forkopimda sudah jalan sampai ke tingkat kecamatan. Kita juga harus menggiatkan kembali siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) di daerah,” katanya.