Bulan Bhakti KB-Kesehatan Bhayangkara 2016 Di Kubu Raya

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Kamis, 21 Juli 2016 | 09:54 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 543


Kubu Raya, InfoPublik  - Upaya membantu masyarakat mandiri, dalam program kependudukan, pembangunan keluarga dan Keluarga Berencana (KB). Pemerintah daerah Kabupaten Kubu Raya menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan bulan bhakti KB-Kesehatan Bhayangkara tahun 2016 di Dusun Martapura, Desa Mekarsari Kecamatan Sei Raya Kabupaten Kubu Raya.

Dalam pidato Bupati Kubu Raya, Rusman Ali yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus berterimakasih kepada pihak Kepolisian khususnya Polresta Pontianak serta BKKBN Provinsi Kalimantan barat untuk mensukseskan program Kependudukan dalam Keluarga Berencana.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya untuk pelaksanaan bulan bakti KB-Kesehatan Bhayangkara yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Pemerintah daerah ke-IX dan Harganas ke-XXIII,” ucap Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, saat mengawali kegiatan tersebut, Sei Raya, Rabu (20/7).

Pesatnya pertumbuhan penduduk, Hermanus mengatakan setiap tahun terjadi penambahan penduduk berkisar 3000 jiwa dengan total angka kelahiran 2,84 persen,”Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut tentunya dibutuhkan model pembinaan kepada masyarakat secara langsung dan tepat sasaran. Untuk mencapai hal tersebut, sangat dibutuhkan peran dari seluruh lapisan masyarakat, Pemerintah maupun organisasi profesi. Dengan pola kemitraan ini hendaknya dapat mensukseskan program KB dan kesehatan ditiap lini lapangan,” katanya.

Pola kemitraan, Hermanus memaparkan merupakan dukungan dari lintas sektor. Dalam membina masyarakat untuk mengatur jarak kelahiran dan mengembangkan kualitas serta kesejahtraan keluarga. Pihaknya juga berharap dengan masyarakat untuk ikut turut serta aktif dalam program tersebut.

“Dengan adanya tantangan kependudukan yang semakin berat kedepan, bentuk kemitraan saat ini dengan Kepolisian diharapkan dapat mendongkrak akses masyarakat terhadap partisipasi ikut mensukseskan program Kependudukan dan KB. Pola kemitraan yang tengah dikembangkan saat ini merupakan langkah positif dalam mensukseskan penggerakan KB,” paparnya.

Sementara itu, Kapolresta Pontianak, AKBP Iwan Imam Susilo mengatakan bahwa Program Kependudukan dan KB-Kesehatan Bhayangkara merupakan salah satu wujud warga yang beridiologi Pancasila. Dimana tercapainya kesejahtraan dalam Keluarga Berencana.

Menurutnya dengan peduli ber-KB masyarakat secara langsung meringankan beban kehidupannya sendiri. Filosofi banyak anak banyak rezeki tidak menjamin dapat terpenuhinya gizi dan kesehatan untuk masing-masing anggota keluarga itu sendiri.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pelayanan gratis bagi warga yang mengurus Kartu keluarga, e-KTP, dan Akte Kelahiran anak serta pelayanan khitanan sunatan yang ditangani tenaga medis Dokkes Polda Kalimantan Barat. (MC KubuRaya/ird/eyv)