Gubernur Riau Puji Inovasi Teknologi Bengkalis

:


Oleh Prov. Riau, Kamis, 21 Juli 2016 | 09:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 335


Bengkalis, InfoPublik  - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman memuji inovasi ditampilkan stand Kabupaten Bengkalis pada Pamaren Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Riau tahun 2016 di Taman Jalur, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu (20/7).

Peralatan hasil karya dan inovasi warga Bengkalis yang ditampilkan pada pameran TTG itu, berupa satu peralatan multifungsi yang bisa berfungsi untuk pengupas nenas, sekaligus pemotong nenas dan pemeras santan kelapa. Kemudian peralatan sederhana pengaduk kelamai atau dodol dan lembuk.Bahkan ketika ditunjukan pengaduk dodok yang digerakan dengan listrik, spontan orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning ini, langsung menyetuk kepada Bupati Kuansing Mursini.

“Ini pak Bupati, keluhan bapak soal lambannya membuat kelamai sudah terjawab. Bengkalis sudah menemukan inovasi pengaduk kelamai tenaga listrik. Pak Bupati Kuansing tinggal pesan saja sama Bupati Bengkalis Pak Amril Mukminin,” ungkap Arsyadjuliandi Rahman.

Alat pengaduk dodok/kelamai yang ditampilkan di stand Bengkalis ukurannya kecil dan sederhana. Sejauh ini, anak-anak watan Bengkalis sudah membuat alat pengaduk dodol listrik berukuran besar. Gubenur Riau minta agar inovasi anak daerah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memudahkan masyarakat melakukan pekerjaan. “Ini sebuah terobosan yang harus terus dikembangkan dan dipromosikan kepada masyarakat, sehingga memberikan manfaat,” ungkap Gubri.

Selain melihat teknologi yang dipamerkan di stand Bengkalis, Arsyadjuliandi Rahman melihat poto-potonya saat mengunjungi Beting Aceh di Kecamatan Rupat Utara. Tak ayal, suami dari Sisilita ini langsung mempromosikan potensi wisata di perairan Selat Malaka itu kepada Bupati dan Wakil Bupati Kuansing, Walikota Dumai dan seluruh pejabat yang mendampinginya.

“Keindahan Beting Aceh tiada tandingannya, kalau dibandingkan di Bali lebih indah pantai Beting Aceh,” ujarnya sambil menunjukan potonya bersama Bupati Bengkalis berada di pasir putih Beting Aceh, Rupat Utara.

Karena kagumnya terhadap keindahan pesona Beting Aceh, Rupat Utara, Gubri menyatakan keinginannya untuk kembali mengunjungi pesona yang berada di ujung pulau Rupat itu. Hal ini juga pernah dilontarkan pada saat Festival Pantai Rupat baru-baru ini, Arsyadjuliandi mengungkapkan akan datang lagi pada pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis yang bakal digelar di Rupat Utara. (MC Riau/din/eyv)