Kota Pematangsiantar Kembali Raih Adipura dan Adiwiyata

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Rabu, 20 Juli 2016 | 12:15 WIB - Redaktur: Tobari - 924


Pematangsiantar, InfoPublik – Presiden Joko Widodo akan menyerahkan Anugerah Adipura kepada Kota Pematangsiantar, yang akan diterima Penjabat Walikota Drs.Jumsadi Damanik, SH M.Hum, di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Dari Pematangsiantar, rombongan Pj Walikota yang akan menjemput langsung Adipura, direncanakan berangkat pada Kamis (21/7) pagi dari rumah dinas Walikota dengan armada Bus Paradep, dan diperkirakan akan tiba di Kabupaten Siak Jum’at (22/7) dini hari.

Rombongan yang dikoordinir Badan Lingkungan Hidup (BLH) tersebut, juga mengikutsertakan seluruh Camat dan instansi terkait.

“Kita sengaja menyertakan seluruh Camat dan instansi terkait lainnya agar bisa melihat model pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup yang sangat bagus di Kabupaten Siak,” kata Pj Walikota melalui Plt.Kabag Humas Jalatua Hasugian, Rabu (20/7) pagi.   

Sehingga mereka bisa meraih Adipura untuk beberapa kategori. Kalau yang bagus kan tidak salah kita contoh untuk diterapkan di Kota Pematangsiantar, agar ke depannya kita bisa berinovasi dalam mengelola kebersihan dan penataan lingkungan.   

Soal Adipura, sebenarnya bukan hal baru lagi bagi kota Pematangsiantar karena sebelumnya kota Pematangsiantar juga sudah beberapa kali menerima penghargaan serupa sejak program Adipura dicanangkan tahun 1986 lalu.

Setelah tahun 2008 dan 2013 mendapatkan Anugerah Adipura, pada tahun 2015 lalu, Kota Pematangsiantar juga berhasil meraih Sertifikat Adipura, dan pada tahun 2016 ini kembali berhasil meraih Anugerah Adipura.

Pada tahun 2015, SMP Negeri 10 Pematangsiantar juga berhasil meraih anugerah Adiwiyata Mandiri. Penyerahannya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada 5 Juni 2015 kepada Kepala SMP Negeri 10 Rosmayana Marpaung S.Pd.

Untuk tahun 2016 ini, Pematangsiantar juga berhasil meraih anugerah Adiwiyata Mandiri yang kali ini akan diterima Kepala SMA Negeri 6, M.Akyar,MPd, bersamaan dengan penyerahan Anugerah Adipura di Kabupaten Siak.

Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan keasadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Pj Walikota juga mengingatkan agar seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar semakin menyadari dan memiliki rasa tanggungjawab penuh terhadap kebersihan, pengelolaan sampah maupun penataan lingkungan hidup.

Karena bagaimana pun, pengelolaan kebersihan dan lingkungan tidak mungkin bisa berhasil tanpa keterlibatan masyarakat. “Anugerah Adipura ini harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk semakin terpacu dalam menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar kita masing-masing,” katanya. (Humas Pemkot Pematangsiantar/toeb)