Smash Kelola Sampah Lebih Efektif, Efisien Dan Terpadu

:


Oleh MC Banjar, Selasa, 19 Juli 2016 | 11:28 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 576


Banjar, InfoPublik - Tim developer Sistem Online Manajemen Bank Sampah (Smash) dalam naungan start-up Generasi IT Kreatif (Genetik) telah berhasil mengembangkan sebuah aplikasi mobile Android dari Sistem Online Manajemen Bank Sampah. Aplikasi ini bertujuan mempermudah akses bagi bank sampah di daerah kabupaten Banjar yang terkendala fasilitas pendukung seperti jauhnya jarak tempuh ke lokasi bank sampah.

Smash yaitu suatu sistem informasi manajemen berbasis web yang berfungsi membantu pengelolaan operasional bank sampah dan berfungsi seperti mini banking, yang mencatat seluruh kegiatan transaksi tabungan sampah nasabahnya.

Selain itu Smash memiliki fungsionalitas pengelolaan tabungan sampah yang diatur menurut harga per kategori sampah, pengaturan pengguna yang dapat mengakses sistem, serta menghasilkan laporan-laporan sesuai kebutuhan pengelola Sistem Bank Sampah.

Sedangkan Bank sampah adalah sebuah istilah untuk aktifitas pengeloaan sampah. Masyarakat (disebut sebagai nasabah) menyetorkan sampah yang masih layak jual seperti plastik, kertas, besi, dll kepada pihak Pengelola Bank Sampah. Selanjutnya sampah yang disetor oleh nasabah ini akan dikonversi menjadi saldo pada setiap akun nasabah sesuai dengan harga dan jenis sampah yang layak jual tersebut.

Bupati Banjar H. Khalilurrahman sangat mendukung adanya sistem ini agar pengelolaan sampah dan menjadi lebih efektif, efisien dan terpadu.

Ia berharap, bank sampah nantinya dapat menjadi solusi pengelolaan sampah rumah tangga. Smash ini begitu menarik, karena memiliki kemampuan mengintegrasikan data Bank Sampah secara nasional dalam mendukung program pemerintah (Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup) yaitu meningkatkan kepedulian mengenai kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Dalam pengenalan Smash, Senin, (18/7) di Aula Barakat Martapura ini juga dihadiri Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, Sekda Banjar H Nasrunsyah, Asisten Bidang Kesra dan Pembangunan Setda Banjar H Masruri serta seluruh pimpinan SKPD dan seluruh pejabat lingkup Pemkab Banjar.

Usai pemaparan Smash, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU kerjasama antar Generasi Informatika Kreatif oleh Putra Fajar Alam dengan Bank Sampah Sekumpul tentang Penggunaan Sistem Online Manajemen Bank Sampah di Kabupaten Banjar. (Hum/Welson/Mcbanjar/zay/eyv)