Program Prioritas Kemendikbud Siap Diimplementasikan

:


Oleh DISHUBBUDPARKOMINFO KAB.PENAJAM PASER UTARA, Jumat, 15 Juli 2016 | 09:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 645


Penajam, InfoPublik – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser Utara, Marjani, siap mengimplementasikan program prioritas kementrian pendidikan dan kebudayaan tahun 2016.

“Kami selalu siap menerapkan program-program dari pusat. Meski implementasinya ada yang belum sempurna,” tutur Marjani, ditemui di ruang kerjanya, Kamis, (14/7).

Program prioritas itu ada enam item. Yakni, melibatkan masyarakat dalam aktivitas pendidikan dan kebudayaan. Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan melalui eningkatkan sarana prasarana. Selanjutnya, melakukan peningkatan akses dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.

Peningkatan dan penguatan pelestarian dan diplomasi budaya. Kemudian peningkatan dan penguatan pengembangan, pembinaan dan perlindungan bahasa melalui pengembangan kosakata, penyebarluasan Bahasa Indonesia di luar negeri. Serta melakukan gerakan pendidikan dan kebudayaan dengan penguatan tata kelola dan pelibatan publik.

Hal yang menjadi tantangan, kata Marjani, sarana prasana dan keterbatasan anggaran daerah. Meski demikian ia optimistis bisa merealisasikan program prioritas tersebut.“Hal itu termasuk implementasi e-purchasing dan cashless payment untuk BOS dan DAK." jelasnya.

Perbaikan tata kelola keuangan pendidikan di daerah itu sesuai amanah Permendikbud No 16 dan No 7 tahun 2016. Ke depan, implementasi e-purchasing  dan cashless payment tersebut akan terintegrasi untuk seluruh transaksi pendidikan untuk tahun 2017. “Semua tentu bertahap. SDM kita sudah siap. Sarana pra sarana yang patut ditingkatkan  lagi.” (MC PPU/BP02/Helena/Eyv).