Bakamla RI dan THAI - MECC Tingkatkan Kerja Sama Kamla

:


Oleh Yudi Rahmat, Kamis, 14 Juli 2016 | 13:20 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Jakarta, InfoPublik - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengirimkan tiga orang delegasi  untuk mengikuti pertemuan bilateral pertama dengan Thailand Maritime Enforcement Coordinating Center (THAI-MECC).

Temu bilateral ini berlangsung di Royal Thai Navy Head Quarters dan dilanjutkan di THAI-MECC Information Center, Bangkok, Thailand, beberapa waktu lalu.

Delegasi Bakamla RI dipimpin Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksma TNI Andi Achdar,  dan stafnya Kasubdit Perencaan dan Evaluasi Operasi Laut Bakamla RI Kolonel Laut (P) Eko Hadriyadi Usodo, dan Kasi Kerjasama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla RI Mayor Maritim Hudiansyah Is Nursal dan didampingi Atase Laut untuk Kedutaan Besar Indonesia di Bangkok, Thailand, Kolonel Laut (T) Hidayaturahman ini diterima oleh Deputy Director General Naval Operation Rear Admiral Wannapol Glormgleao, dan Director of THAI-MECC beserta seluruh jajaran Perwira Senior THAI-MECC.

Melalui keterangan tertulis yang diterima InfoPublik, Kamis (14/7), mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut, Rear Admiral Wannapol berharap pertemuan bilateral antara Bakamla RI dengan THAI-MECC yang pertama ini dapat meningkatkan kerjasama antara kedua instansi.

Sementara itu, Laksma TNI Andi Achdar berharap pertemuan ini dapat menjadi inisiatif bagi kedua instansi untuk mengeksplor hal-hal yang dapat dikerjasamakan antara kedua instansi yang memiliki kewenangan penegakan hukum di masing-masing negara dan menjadi forum untuk meningkatkan kepercayaan serta confidence antar kedua instansi.

Pada pertemuan ini, delegasi Bakamla RI dan THAI-MECC saling bertukar pandangan terhadap situasi keamanan maritim di kawasan Asia Tenggara.  Selain itu, kedua belah pihak juga bertukar pengalaman terhadap proses transformasi dari badan koordinasi menjadi badan yang memiliki kewenangan operasional.  

Dalam pertemuan ini kedua institusi tersebut sepakat untuk kedepannya menyusun kerangka kerja sama formal dalam bentuk MOU, menunjuk point of contact antar kedua intansi, bertukar informasi tentang keamanan laut, dan menyelenggarakan pertemuan rutin tiap tahunnya.

Pada akhir kegiatan bilateral meeting ini, Bakamla mendapat kesempatan untuk mengujungi THAI-MECC Information Center dan bertukar pengalaman dalam rangka mengelola dan bertukar informasi keamanan laut antar instansi yang memiliki kewenangan pemantauan laut.