Saksikan Festival Kesenian Religius di Desa Wisata Grogol

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Kamis, 14 Juli 2016 | 09:38 WIB - Redaktur: Kusnadi - 530


Sleman, InfoPublik - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman akan menggelar Festival Kesenian Religius, pada Jumat dan Sabtu, 15 – 16 Juli 2016 jam 18.30 WIB hingga selesai di Desa Wisata Grogol, Margodadi Seyegan Sleman.

Festival kesenian religius tersebut akan diikuti oleh 17 grup dari 17 kecamatan se-Kabupaten Sleman. Demikian dinyatakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir.AA Ayu Laksmidewi TP, MM, dikantornya, Rabu (13/7).

Ayu menambahkan bahwa diadakannya Festival Kesenian Religius Kabupaten Sleman ini diharapkan selain menjadi ajang tampil , memupuk kreatifitas dan ajang apresiasi bagi pelaku dan pecinta seni. Selain itu diharapkan juga dapat menjadi hiburan bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Festival kesenian religius ini akan memperebutkan trophy kejuaraan dan uang pembinaan sejumlah Rp25 juta, dengan peruntukan Penyaji Terbaik I mendapatkan hadiah Rp7,5 juta, Penyaji Terbaik II  Rp6 juta, dan penyaji terbaik III sebesar Rp5,5 juta. Sedangkan untuk Juara Harapan I mendapatkan hadiah Rp4 juta, Juara Harapan II  Rp3,5, dan Juara Harapan  III  Rp 3 juta.

Festival Kesenian Religius Kabupaten Sleman 2016 akan berlangsung selama dua hari yaitu Jum’at dan Sabtu, 15 – 16 Juli 2016 mulai jam 18.30 hingga selesai di di Desa Wisata Grogol, Margodadi Seyegan. Festival Kesenian Religius ini diikuti oleh 17 grup yang direkomendasikan oleh masing-masing kecamatan.

Pada hari Jum’at 15 Juli 2016 akan ditampilkan  perwakilan dari  kontingen Kecamatan Turi, Kecamatan Pakem, Kecamatan Godean, dan Kecamatan Ngaglik. Sedangkan pada hari Sabtu 16 Juli 2016 akan tampil perwakilan dari kontingen kecamatan Sleman, Minggir, Prambanan, Moyudan, Gamping, Cangkringan, dan Mlati.

Adapun dewan juri yang akan dihadirkan dalam kegiatan tersebut adalah DR Kuswarsantya dari UNY, dan Dra. Daruni, M.Hum dan Sancaka, S.Pd dari ISI Yogyakarta.(***/Mc Kab. Sleman/Kus)