Vaksinasi Ulang Digelar di Ciracas Pekan Depan

:


Oleh Juliyah, Selasa, 12 Juli 2016 | 14:52 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 934


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Kesehatan akan memberikan vaksinasi ulang kepada anak-anak yang terdata mendapat vaksin palsu. Vaksinasi ulang akan dimulai dari satu klinik yang berada di Ciracas Jakarta Timur pekan depan.

"Pekan depan akan ada vaksinasi ulang di Ciracas, karena datanya telah tersedia," kata Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Maura Linda Sitanggang di kantornya, Selasa (12/7).

Hal tersebut disampaikan berdasarkan hasil rapat satuan tugas penanggulangan vaksin palsu yang membahas tindak lanjut penanggulangan vaksin palsu.

Berdasarkan hasil penyidikan dari Bareskrim dan Badan POM, Kemenkes kemudian melakukan pendataan ulang pasien yang menerima vaksin palsu.

Badan POM telah melakukan penelusuran di seluruh wilayah, dan terdapat 37 Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang berada di 9 provinsi yang mendapatkan vaksin dari sumber yang tidak resmi dengan jumlah sampel sebanyak 39 jenis.

Badan POM juga sudah menguji sampel vaksin tersebut dan hasil menunjukkan dari 39 sampel ditemukan 4 sampel yang isinya tidak sesuai atau palsu dan 1 sampel diduga palsu karena label tidak sesuai.

Selain itu, dari hasil pengujian  barang sitaan Bareskrim, yang telah selesai diperiksa yang terdiri dari 15 produk, terdapat lima produk yang terbukti kandungannya palsu, satu produk vaksin yang kadarnya tidak sesuai, juga satu produk yang labelnya tidak sesuai.