Pegawai Pemkab Banyuasin Bisa Disiplin Tanpa Sidak

:


Oleh MC Kabupaten Banyuasin, Selasa, 12 Juli 2016 | 21:00 WIB - Redaktur: Tobari - 429


Pangkalan Balai, InfoPublik - Hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran 1437 H, Pemkab Banyuasin langsung menggelar apel gabungan. Apel yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Banyuasin, Sekojo Pangkalan Balai ini, dihadiri pegawai dari semua Dinas, Badan dan Kantor yang ada di Kota Pangkalan Balai.

Apel gabungan sendiri merupakan agenda rutin yang digelar tiap hari Senin pertama pada tiap bulannya. Hari Senin (11/7),  merupakan Senin pertama setelah Senin lalu (4/7) merupakan hari libur cuti bersama nasional. Bupati Banyuasin bertindak langsung selaku inspektur upacara.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri dan meminta maaf kepada semua peserta apel. Bupati berharap setelah liburan yang memberikan kesempatan kepada semua untuk bersilahturahim kepada sanak keluarga, kinerja para pegawai di lingkungan Pemkab Banyuasin dapat lebih meningkat.

Apel gabungan ini sekaligus juga menunjukkan tingkat kehadiran pegawai yang tidak menambah jumlah liburnya. Hal ini seperti yang disampaikan Bupati Yan Anton,

“Saya serahkan kepada masing-masing Kepala SKPD untuk melakukan sidak di lingkungan kerjanya masing-masing, namun melihat jumlah peserta apel kali ini, saya yakin sekali rata-rata pegawai telah disiplin menggunakan waktu liburnya,” ungkap Yan Anton.

Selain itu, Bupati dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin dapat melihat absensi secara realtime menggunakan aplikasi mobile berbasis android dan ios.

Sejak awal tahun 2016 sistem absensi di lingkungan Pemkab Banyuasin telah berjalan secara online dan realtime, setiap PNS dan NonPNS melakukan absensi sidik jari. Datanya secara otomatis terkirim ke server pemkab dan langsung terkirim ke Inspektorat dan BKD Banyuasin, sehingga tidak ada lagi kecurangan.

Semua ini dapat dilihat dan diunduh di smartphone berbasis android dan IOS yang bernama Aplikasi Dashboar Banyuasin dimana Bupati dan Kepala SKPD dapat melihat secara langsung tingkat kehadiran stafnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Perhubungan Kominfo Kabupaten Banyuasin melalui Kabid Kominfo Erwin Ibrahim. (mcbanyuasin/toeb)