Penyusunan RPJMD Sergai 2016 - 2021 Diminta Tepat Sasaran

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Senin, 11 Juli 2016 | 09:21 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 779


Serdang Bedagai, InfoPublik -  Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman meminta perencanaan pembangunan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Sergai terkait penyusunan rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2016 – 2021, mulai dari penjabaran, visi dan misi berupa tujuan, strategi, maupun kebijakan umum yang terkait program prioritas dan program unggulan disesuaikan dengan kemampuan pendanaan dan pembangunan yang tepat sasaran.

Dokumen penyusunan RPJMD tahun 2016 – 2021 dibahas dalam forum konsultasi publik dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai di Aula Sultan Serdang Kantor Bupati Sergai Sei Rampah, Jumat (1/7).

Turut hadir pada acara ini Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya, Unsur Forkompimda, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si seluruh jajaran Pemkab Sergai terdiri atas Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kepala Bagian, paraCamat, tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan, SAPA Kemenko Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, LSM, serta BAPPEDA Provsu dan Badan Statistik Provsu.

"Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Sergai ini sebagai satu kesatuan sistem perencanaan yang dilakukan untuk menyelaraskan, mengklarifikasi, mempertajam dan menyepakati berbagai isu strategis dan memetakan permasalahan mendasar yang dihadapi Kabupaten saat ini serta prediksi yang akan dihadapi lima tahun ke depan," jelasnya.

Rancangan RPJMD Kabupaten Sergai yang akan dibahas menurut Bupati H. Soekirman merupakan menjabarkan visi dan misi kepala daerah untuk pelaksanaan pembangunan ke depan dan diharapkan RPJMD tahun 2016 – 2021 diminta lebih baik dari RPJMD lima tahun lalu.

Musrenbang RPJMD ini menjadi hulu yang sangat vital dalam sejatinya untuk menjaring sebanyak-banyaknya masukkan data maupun informasi yang konstruktif, kreatif dan inovatif dari seluruh pemangku kebijakan, sehingga dokumen RPJMD akan mendapat legimitasi yang kuat.

Di akhir sambutannya Bupati Sergai H. Soekirman, minta kepada seluruh peserta agar rancangan RPJMD Kabupaten Sergai itu dapat dibahas secara sistematis, sinergis dan mengedepankan keputusan ilmiah, memadukan pendekatan teknokratis, demokratis, partisipatif, proses bottom up dan top down.

Kegiatan Musrenbang ini dibagi menjadi dua tahap kegiatan, yang pertama adalah kegiatan penyampaian pokok-pokok pikiran dari Bupati Sergai kemudian pemaparan rancangan RPJMD oleh Ketua DPRD Sergai Syahlan Siregar, ST Kabupaten Sergai tahun 2016 – 2021, dari Sekretaris Bappeda Provsu Drs. M. Ismael P. Sinaga, M.Si dan Badan Statistik Provsu.

Sedangkan tahap kedua Focussed Group Discussion (FGD) atau diskusi kelompok yaitu kelompok pertama bidang sosial, budaya, kelompok yang kedua adalah bidang sarana dan prasarana kemudian kelompok ketiga bidang ekonomi.(Mc Serdang Bedagai/Febri/Eyv).