H-5 Lebaran, Stasiun Besar Transit KRL Jabodetabek Sepi

:


Oleh Wawan Budiyanto, Minggu, 3 Juli 2016 | 00:46 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Jakarta, InfoPublik - Memasuki H-5 atau lima hari sebelum hari raya Idul Fitri, sejumlah stasiun kereta api besar transit nampak sepi.

Suasana sepi terlihat di Stasiun Duri, Tanah Abang, Manggarai serta Jatinegara, Sabtu (2/7).

Berdasarkan pantauan InfoPublik, aktifitas turun naik disejumlah stasiun besar transit tidak ada kepadatan. Hampir semua penumpang dapat tempat duduk. Jarang sekali yang berdiri.

"Sepi bang. Tuh lihat saja, paling hanya dua atau tiga orang saja yang berdiri," kata Slamet Neo saat berbincang dengan InfoPublik di dalam gerbong KRL, Sabtu (2/7).

Kondisi lengang ini, kata Slamet, kemungkinan karena warga Tangerang yang biasa menggunakan jasa moda KRL sudah banyak yang mudik ke kampung halamannya masing-masing.

"Mungkin sudah banyak yang libur bang. Jadi sudah pada musik pulang kampung kumpul sama keluarga," ujarnya.

Dari pantauan, beberapa penumpang KRL tengah membawa koper atau tas besar yang kemungkinan hendak mudik ke kampung halaman. Di stasiun transit Duri, tidak ada kepadatan penumpang baik menuju ke Bogor atau Jatinegara serta tujuan Tangerang.

Menurut petugas WalKA sejak pagi hari aktifitas turun naik penumpang memang sangat berkurang jauh dari biasanya. Kalaupun ada kepadatan itu hanya terjadi di Stasiun Tanah Abang jumlahnya pun tidak sepadat hari biasa.