Danlanud Riau : Tindak Tegas Pembakar Lahan

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 1 Juli 2016 | 10:43 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 366


Pekanbaru, InfoPublik  - Meningkatnya aktivitas kebakaran lahan dan hutan di Riau dalam sepekan terakhir membuat Dansatgas Udara Siaga Darurat Karlahut Riau, Marsekal Pertama (Marsma) Henri Alfiandi Geram.

Apalagi kebakaran lahan ini dinilainya ada unsur kesengajaan dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Padahal kata Henri, lahan yang terbakar sebagian besar di area operasional perusahaan perkebunan dan kehutanan.

" Ini fenomena yang harus ditindak tegas. Jadi saya juga akan menyampaikan ke Dansatgas, kita harus mengambil tindakan terhadap kasus ini," ujarnya, Kamis, (30/6).

Tindakan yang bisa diambil sambung Henri, dengan memasang police line di beberapa lokasi kebakaran lahan yang sudah teridentifikasi oleh satgas udara.

"Misalnya kita palang atau pasang policeline di lahan yang jelas-jelas dibakar dan teridentifikasi. Takutnya kalau ini dibiarkan ke depannya akan terjadi lagi bencana asap,"ujarnya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan penegak hukum." Saya mencoba koordinasi dengan Kalaksa ( Ka BPBD), Dansatgas untuksama-sama. Kami Satgas udara tahu dimana titik-titik kebakaran lahan, jadi kita harus kerjasama lebih berintegritas, tidak parsial seperti ini,"jelasnya.

Henri menilai, selama ini Satgas Siaga darurat Karlahut Riau sudah berupaya melakukan pencegahan dan penanggulangan. Namun aktifitas pembakaran lahan masih tetap terjadi akibat belum tegasnya penindakan hukum.

"Memadamkan tapi tidak ada penindakan.Pantauan dari pesawat udara jelas terlihat ada orang yang sengaja membakar lahan tetapi tidak ada penindakan. Ini lama-lama masyarakat atau oknum ini seolah kita tidak bertindak dan terkesan melakukan pembiaran," paparnya.

Sebab itu, Ia meminta Satgas dan penegak hukum bisa sejalan dalam mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang membakar lahan."Mudah-mudahan kita belum terlambat mengingatkan. Apalagi sebentar lagi lebaran. Tapi kita tidak tinggal diam, kami akan melakukan operasi penegakkan hukum," tegasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Satgas udara sudah beberapa kali melakukan operasi waterboombing di area kebakaran lahan dan hutan di Riau.(MC Riau/yan/eyv)