Pembinaan dan Arahan Kepada PPL dan Tenaga Terampil Pendamping Petani

:


Oleh dishubkominfo kab malinau, Kamis, 30 Juni 2016 | 08:34 WIB - Redaktur: Kusnadi - 670


Malinau, InfoPublik – Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi hadir pada acara “Pembinaan dan Arahan Kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Tenaga Terampil Pendamping Petani” di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau, Selasa (28/6).

Bupati Yansen menyambut baik acara ini, karena peran penyuluh pertanian dan tenaga terampil masih dibutuhkan oleh kelompok-kelompok tani dalam rangka meningkatkan produksi pertanian khususnya dalam meningkatkan peran petani untuk mewujudkan salah satu program unggulan pemerintah daerah yaitu program Beras Daerah (Rasda).

Bupati meminta Program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) terus digalakkan untuk mengubah paradigma masyarakat yang masih berpikir bahwa bertani hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga saja.   

Bupati juga berharap tenaga terampil dapat memberikan ilmu pertanian yang dimiliki kepada masyarakat agar bisa berubah dan maju dalam melakukan usaha pertanian yang berwawasan agribisnis atau berorientasi pasar dan berskala ekonomi supaya dapat menambah penghasilan dan peningkatan kesejahteraan hidup keluarga.

“Ubah dan bentuk prilaku masyarakat yang tadinya malas menjadi rajin untuk bertani dan terampil mengolah lahan yang mereka miliki,” tegasnya.  

Menurut Bupati Yansen, tantangan untuk bukan pada proses tetapi pada hasilnya. Targetnya, prospektif pertanian Malinau harus mampu menghasilkan hasil yang baik seperti konsumsi dan kekuatan ekonomi masyarakat.

Petani harus bisa berkreatifitas dan berinovasi, kembangkan ilmu-ilmu yang ada karena hasil yang dicapai adalah untuk masyarakat Malinau.

Aparat pemeritahan baik di kecamatan maupun di desa harus memaksimalkan kehadiran PPL ditengah-tengah masyarakat agar petani mampu menghasilkan suatu teknologi pertanian yang kreatif dan inovatif.

“Siapa yang mampu menciptakan sebuah teknologi pertanian di Malinau, yang muslim akan diberangkatkan umroh dan yang nasrani ke yarusalem,” ucap Bupati yang disambut tepuk tangan seluruh peserta.(HMS04/07, Infopublik, Kus)