Dirjen IKP Niken Widyastuti Apresiasi Capaian Direktorat PMP

:


Oleh Yudi Rahmat, Minggu, 26 Juni 2016 | 15:33 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Bekasi, InfoPublik - Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, R. Niken Widyastuti mengapreasi capaian sejumlah program kerja yang telah dilakukan Direktorat Pengelolaan Media Publik di semester pertama tahun ini.

Program tersebut seperti penerbitan berkala Jurnal Dialog yang diterbitkan Subdit Pengelolaan Media Cetak, dimana kontennya benar-benar sangat ilmiah.

"Jurnal ini sangat penting sekali. Selain dikirim ke kementerian dan lembaga juga saya minta dikirimkan ke perguruan tinggi yang ada ilmu komunikasinya. Begitu juga produk-produk Direktorat PMP ini harus diketahui pimpinan kita," tutur Dirjen Niken Widyastuti saat menghadiri Rapat Evaluasi Program Kerja PMP di Bekasi, Jumat (24/6).

Produk PMP lainnya seperti tabloid Komunika yang berisi tentang program pembangunan pemerintah. Niken pun meminta agar ditingkatkan pendistribusiannya di wilayah pulau terluar, terpencil dan tertinggal sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

“Meskipun maindset sekarang era digital namun masyarakat di wilayah tersebut masih membutuhkan informasi seperti tabloid Komunika," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan data yang ada di Kemkominfo, pengguna internet sekitar 80 juta orang dari 240 juta penduduk Indonesia. "Berarti masih ada 30 persen atau sekitar 70 juta masyarakat Indonesia masih perlu informasi seperti Komunika ini, media ruang, media tradisional seperti petunra dan ini penting," kata Niken.

Dirjen Niken juga mengapresiasi program kerja subdit media online yang mengelola portal berita InfoPublik. Portal ini menurutnya penting sebagai sumber berita bagi media lain.

“Ini merupakan capaian yang luar biasa. Portal InfoPublik tidak hanya di komsumsi oleh masyarakat tapi juga menjadi sumber media lain," katanya.

Ke depan, Dirjen IKP berharap media online InfoPublik lebih diberdayakan lagi. Meski terbatasnya anggaran ia akan mengupayakan untuk penambahan anggaran untuk penguatan program kerja PMP seperti InfoPublik. Mudah-mudahan disetujui menteri," katanya.

Dirjen juga berharap PMP membangun kembali newsroom yang lebih baik dan seperti Kompas atau Metro TV. "Ini harapan Menteri, ingin adanya newsroom yang besar seperti newsoom Kompas, KIP dan Metro TV.  Kita bisa ajukan untuk membuat newsroom," katanya.

Menurutnya, bidang komunikasi harus dirombak dan diberdayakan serta lebih maju lagi. "Karena kepentingan kita komunikasi  jadi paling tidak sama kuat antara bidang komunikasi dan informatika," katanya.

Dirjen juga mengungkapkan IKP berencana akan membentuk governance news network atau jaringan pemberitaan pemerintah. "Apakah nantinya Infopublik tetap ada atau penguatan. Ini harus menjadi pembahasan dan kajian Dit PMP," katanya.