Rotan Dapat Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga

:


Oleh MC Kab Boven Digoel, Jumat, 24 Juni 2016 | 12:14 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Boven Digoel, InfoPublik – Kelompok Informasi Masyarakat Mindiptana membuat pelatihan dasar bagi masyarakat kampung di Distrik Mindiptana dengan mengangkat tema Program Peningkatan Kapasitas Angka Keterampilan Kerajinan Tangan Bahan Dasar Rotan”, yang berlangsung selama 4 hari di Aula Asrama Putra Mindiptana.

Ketua panitia Melkior Okaibop, S.Ip.,  mengatakan,  pada umumnya kita di daerah Papua banyak memiliki persediaan bahan lokal yang sangat tinggi tapi banyak yang tidak mengetahui  potensi besar yang sudah disediakan oleh Allah di alam sekitar kita, dan kita tidak memanfaatkannya dengan baik.

Orang Papua disini lebih banyak berusaha untuk mengumpulkan makanan yang dicari sehari-hari untuk dikonsumsi,  tetapi bekerja yang sifatnya untuk mengubah hidup ini lebih baik lagi masih kurang atau bisa dikatakan masih minim.

Dengan melihat kegiatan ibu-ibu anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang sudah melakukan beberapa kegiatan pameran sampai ke tingkat kabupaten maupun ke beberapa tempat lainnya, walaupun kecil tapi kelihatan manfaatnya yang besar, sehingga potensinya bisa kita manfaatkan dan tingkatkan.

Kita juga mengumpulkan ibu-ibu dan para pemuda-pemudi untuk mengikuti kegiatan pembuatan piring rotan, dengan mengembangkan potensi yang ada, mereka bisa mempunyai pendapatan yang sangat luar biasa tidak terlalu mengeluarkan biaya yang banyak.

Bahkan mungkin dengan mempunyai keterampilan dan  pengetahuan sendiri untuk bisa merangkai sehingga akan lebih bagus, lebih indah dan mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga bisa dapat meningkatkan pendapatan baik itu secara induvidu, kelompok maupun keluarga.

“Maka kami di Distrik berniat untuk mengembangkan diri sehingga pemerintah atau pihak-pihak lain mungkin bisa memberikan dorongan, motivasi atau mungkin memberikan bantuan,” kata Melkior Okaibop.

Sehingga, kami terdorong untuk meningkatkan aktifitas yang pada sasarannya bagaimana memperbaiki ekonomi rumah tangga dengan memanfaatkan potensi alam disekitar kita ini.

Sementara  Kapolsek Mindiptana Ipda Husain Abdul Rahim, yang sekaligus membuka pelatihan dasar Pembuatan Piring Rotan Untuk Meningkatkan Ekonomi  Masyarakat Mindiptana Kabupaten Boven Digoel”, mengatakan akan diberdayakan sesuatu yang ada di alam Mindiptana ini.

Jadi bukan hanya dari rotan tetapi masih banyak bahan dasar lainnya yang dapat kita manfaatkan dan  dikembangkan, misalnya komoditi paling hebat adalah buah durian, karena kita disini mempunya tanaman durian, tetapi kita tidak bisa untuk mengelola dan menjadikan sesuatu yang luar biasa dan nilainya sangat tinggi.

“Kita tidak hanya memiliki keterampilan tanpa kemauan, tetapi juga harus mempunyai keterampilan dan kemauan,  kebiasaan orang timur adalah paling senang dengan ikut rame,” kata Kapolsek.

Dengan adanya kegiatan ini, secara otomatis sedikit mengurangi masalah kamtibnas. Artinya bahwa kita sudah memulai mendapatkan penghasilan sendiri, mendapatkan keterampilan sendiri dan sudah mempunyai waktu untuk sibuk.

“Sehingga waktu yang tidak bermanfaat  sudah bisa dikurangi, dan ini tidak berlaku pada peserta yang hadir pada saat ini saja, tetapi dikembangkan di lingkungan masyarakat,” katanya menambahkan.

Selain itu, ia menambahkan dalam kegiatan ini tidak hanya  melibatkan ibu-ibu saja tetapi  pada anak usia dini maupun sampai usia orang tua, baik laki-laki maupun perempuan harus mengikuti kegiatan tersebut, sehingga diharapkan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini bisa menopang kehidupan ekonomi keluarga.

Masyarakat di Mindiptana mempunyai kemauan serta  kemampuan dan mereka mempunya hasil alam yang luar biasa, tetapi terkendala dengan sarana.

Harapan kedepan dengan adanya  kegiatan seperti ini, dapat mengubah perkembangan ekonomi di Mindiptana menjadi lebih baik, yang tadinya tidak tahu menjadi tahu dan yang tadinya berharap kepada pemerintah menjadi punya swadaya tersendiri sehingga bisa mendukung pemerintah dalam program pembangunan.  (Mc Boven Digoel/Agnes/toeb)