Kemenkop UKM Tingkatkan Kualitas PPKL Di Daerah

:


Oleh Putri, Jumat, 24 Juni 2016 | 09:56 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 647


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Koperasi UKM terus meningkatkan kualitas dan kompetensi Petugas Penyuluhan Koperasi Lapangan (PPKL) di setiap daerah, baik tingkat provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop UKM Choirul Djamhari mengatakan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Perkoperasin Bagi PPKL, bahwa PPKL dapat meningkatkan kompetensinya di bidang koperasi melalui learning by doing dan mendalami materi perkoperasian. "Keberadaan PPKL menjadi salah satu pilihan yang bijaksana dan realistis untuk mengawal dan melakukan perubahan secara sistematis, terstruktur, dan berkelanjutan dalam keseluruhan aspek tata kehidupan koperasi," katanya, Rabu (23/6).

Dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi PPKL, pihaknya bersinergi dengan Deputi Bidang Pengembangan Sumber daya Manusia untuk melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi PPKL. Hal ini sudah berlangsung sejak tahun 2012 hingga saat ini.

Menurut Choirul, program PPKL merupakan program yang bersifat stimulus dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan koperasi UKM yang ada di wilayah masing-masing. Lanjutnya, PPKL sebagai tenaga profesional yang diberi tugas dan wewenang oleh pejabat berernang untuk melaksanakan tugas penyuluhan perkoperasin dalam suatu ikatan kerja selama jangka waktu tertentu.

Pihaknya telah merekrut 935 tenaga PPKL yang dilakukan dari 2012 hingga saat ini. "Ke depannya, PPKL diarahkan untuk mampu menjadi konsultan mandiri yang berfungsi sebagai agen perubahan koperasi yang dapat mewujudkan koperasi yang sehat, kuat, mandiri, dan tangguh," jelas Choirul.