Menteri Yohana Buka Pelatihan Calon Naker Perempuan

:


Oleh Yudi Rahmat, Rabu, 22 Juni 2016 | 01:21 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 671


Jakarta, InfoPublik - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise hari ini membuka pelatihan calon tenaga kerja perempuan dari program Wanita Indonesia Hebat.

Program WIH merupakan bagian dari strategi Kementerian PP dan PA, yaitu 3ENDs untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan manusia, dan mengakhiri kesenjangan akses sumberdaya ekonomi terhadap perempuan.

Saya mengapresiasi komitmen pemerintah daerah provinsi NTB, tim pelaksana pelatihan calon Tenaga Kerja Perempuan yang berada di Mataram, yang terdiri dari unsur Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Balai Pelatihan Tenaga Kerja Indonesia Mataram, Tim Wanita Indonesia Hebat Nasional, dan Tahir Foundation.

“Perjuangan panjang kita bersama untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri semoga dapat terlaksana dengan baik,” ujar Menteri Yohana saat membuka pelatihan Calon Tenaga Kerja Perempuan dari program Wanita Indonesia Hebat (WIH) di Mataram, NTB, Senin (20/6).  

Melalui siaran pers yang diterima InfoPublik, Selasa (21/6), Menteri Yohana menuturkan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi tenaga kerja perempuan Indonesia yang bermartabat, berkeahlian, berketahanan, dan berdaya saing melalui pelatihan yang berkualitas; mewujudkan pelatihan kerja yang efektif dan efisien dalam rangka pengendalian dan penjaminan mutu calon tenaga kerja perempuan dan mengoptimalkan seluruh sumber daya pelatihan kerja yang ada di daerah sekaligus mendukung pemerintah dalam upaya mewujudkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian dan keterampilan sebelum bekerja ke luar negeri.

“Kerja sama ini diharapkan dapat mewujudkan upaya perbaikan kualitas hidup perempuan, terutama melalui akses sumberdaya ekonomi. Saya berharap calon tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan kemampuan bahasa serta memiliki karakter bangsa yang kuat akan dapat terhindar dari kerentanan tindakan kekerasan," katanya.

Selain itu, diharapkan pula pelatihan ini dapat menjadi pola pelatihan baru peningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki sesuai dengan tuntutan permintaan pasar dan memperhatikan kebutuhan perempuan itu sendiri.

Pelatihan di NTB ini merupakan pelatihan perdana dari Program WIH yang merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Kementerian PP dan PA dengan Tahir Foundation yang telah ditandatangani pada Mei 2015 lalu yang dilakukan di Kementerian Dalam Negeri, disaksikan oleh Menteri Dalam Negeri dan Menteri Ketenagakerjaan. 

Kemudian  pada waktu yang sama dilakukan pula penandatanganan antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Tahir Foundation.

Pelatihan perdana di Mataram ini dimulai dengan pelatihan bagi perawat dan bidan, sesuai dengan permintaan pihak luar negeri sebagai negara tujuan. Selanjutnya, akan dilaksanakan pula pelatihan bagi tenaga-tenaga kewirausahaan dan pariwisata.